Tips Merawat Anthurium Jemani Supaya Subur dan Indah


Pertanianku — Banyak orang yang mencoba untuk membudidayakan anthurium jemani karena tanaman ini memiliki ciri khas yang unik bagi pecintanya. Anthurium jemani memiliki daun yang indah. Namun bagaimana cara merawat anthurium jemani agar tumbuh subur dengan daun-daun yang tetap indah?

merawat anthurium jemani
Foto: Google Image

Yuk, simak ulasan berikut ini.

  1. Penyiraman rutin pagi dan sore

Kegiatan ini harus Anda lakukan secara rutin karena tanaman yang disiram sesuai dengan waktunya cenderung tumbuh dengan baik. Penyiraman bunga anturium jemani bisa Anda lakukan sesuai dengan kondisi suhu.

  1. Pemupukan alami dan buatan

Pemupukan tanaman bisa Anda dilakukan di awal penanaman dan di akhir penanaman. Selain itu, pemupukan tanaman bisa Anda lakukan kurang lebih sebulan sekali. Faktor kebutuhan nutrisi tidak hanya didapatkan tanaman dari media tanam dan air, tetapi juga membutuhkan nutrisi lebih lewat pemupukan. Jenis pupuk yang bisa digunakan untuk bunga jemani bisa bermacam-macam tergantung tujuan Anda.

  1. Basmi hama dan penyakit

Bunga jemani jenis anthurium ini biasa diserang oleh ulat, kutu putih, bercak daun, jamur, belalang, cacing, keong, dan masih banyak lagi. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan.

Pertama, Anda bisa membersihkan permukaan daun dengan lap yang sudah diberi fungisida apabila bunga jemani terserang oleh jamur. Kedua, Anda bisa membuang cacing dan keong secara manual apabila tingkat penyerangan kedua hewan ini belum terlalu parah.

Ketiga, Anda bisa menggunakan insektisida sebagai langkah efektif membasmi hama ulat hongkong, kutu putih, dan bercak daun. Keempat, Anda bisa menganti media tanam apabila hama dan penyakit berasal dari media tanam bunga jemani.

  1. Potong bagian tanaman jemani yang rusak

Selain pembasmian hama dan penyakit bunga jemani menggunakan obat alami dan kimia, Anda bisa menggunakan cara manual, yaitu memotong bagian bunga jemani yang rusak menggunakan alat potong seperti gunting setek atau tangan Anda. Pastikan saat Anda memotong hanya bagian bunga jemani yang rusak.

Baca Juga:  Fungsi Tanaman Hias Semak untuk Tanaman Lainnya