Tips Merawat DOD Bebek yang Baik dan Benar

Pertanianku — Ketika Anda memiliki keinginan untuk beternak bebek, Anda perlu cermat dalam memilih dan merawat DOD (day old duck) bebek itu sendiri. Merawat DOD bebek membutuhkan tips dan trik yang benar agar Anda mendapatkan hasil yang maksimal nantinya.

DOD bebek yang baru menetas sebaiknya diletakkan di dalam wadah yang terbuat dari anyaman bambu. Beberapa jam kemudian setelah kuat berdiri dan bulu-bulu kering, baru pindahkan DOD bebek ke kandang boks. Jika kandang terlalu luas, hendaknya diberi sekat agar DOD tidak terlalu banyak bergerak. Selain itu, Anda perlu melakukan beberapa hal berikut ini untuk merawat DOD bebek dengan baik dan benar.

Membedakan jenis kelamin

Loading...

Membedakan jenis kelamin DOD bebek dilakukan pada hari pertama menetas. Bisa dilakukan dengan cara melihat bentuk fisiknya (bend). Cara ini dilakukan tanpa memegang DOD yang baru menetas secara keseluruhan.

Ciri khas DOD jantan, yakni kepala dan badan lebih besar bentuk bulu kepala lebih panjang dan kasar, paruh lebih melengkung cenderung lebih gelap dibanding DOD betina. Sementara, ciri DOD betina kebalikannya dari DOD jantan.

Melatih makan

Setelah membedakan jenis kelamin, ketika sudah memasuki hari ketiga sebaiknya DOD bebek dilatih makan. Caranya, yaitu alas kandang yang terbuat dari anyaman bambu dihampari karung atau selembar koran. Setelah itu, DOD bebek dilepas di tempat tersebut.

Di atas kerumunan DOD, ditaburi nasi yang telah dicelup ke dalam air dan diperas. Butiran nasi ini nantinya akan bayak melekat di punggung DOD dan akan dipatuk oleh temannya. Setelah butiran nasi habis, taburkan lagi sedikit nasi. Demikian seterusnya sampai DOD tidak ingin mematuk lagi. Jika sudah seperti itu, lembaran karung atau koran sudah bisa diangkat.

Baca Juga:  Penggunaan Limbah Restoran untuk Pakan Induk Ayam Penghasil Telur Tetas

Kegiatan meatih makan tersebut dilakukan setiap hari sampai DOD bebek mengenal cara makan dengan baik. Bila sudah terbiasa, kurang lebih umur 10 hari, DOD bebek mulai diperkenalkan dengan konsentrat. Caranya, setelah direndam sebentar di dalam air dan diperas, nasi dicampur rata dengan sedikit konsentrat. Setelah semua bagian nasi terolesi dengan konsentrat, barulah makanan tersebut diberikan kepada DOD.

Loading...
Loading...