Tips Merawat Induk Kelinci Yang Sedang Hamil

Pertanianku – Induk bunting membutuhkan perawatan yang lebih baik daripada sebelum bunting. Perawatan dilakukan untuk menjaga kesehatan induk sekaligus anak yang dikandungnya. Tujuannya agar induk melahirkan anak yang sehat dan induknya sendiri selamat. Perawatan yang diperlukan, antara lain meningkatkan jumlah pakan yang diberikan, menjaga air minum jangan sampai kurang, menjaga ketenangan suasana kandang, serta menjaga sanitasi kandang dan lingkungan.

Tips Merawat Induk Kelinci Yang Sedang Hamil

Saat bunting, induk membutuhkan nutrisi lebih banyak. Oleh karena itu, pemberian pakan perlu ditingkatkan, baik kuantitas maupun kualitasnya. Selain volume pakan hijauan dinaikkan, konsentrat juga perlu diberikan sebagai pakan tambahan. Pemberian  konsentrat ini untuk mencukupi kebutuhan protein, vitamin, dan mineral bagi induk maupun anak yang dikandungnya.

Loading...

Sebaiknya, konsentrat yang diberikan pada induk bunting mengandung protein 16—20%, lemak 3—5,5% serat kasar 14—20%, dan mineral 4,5—6,5%. Setiap harinya, seekor induk bunting membutuhkan 1—2 kg rumput atau hijauan dan 135—335 g konsentrat (sekitar 6,7% dari bobot hidup). Konsentrat yang dapat diberikan terdiri atas campuran dua bagian garam dapur, dua bagian tepung tulang, dan satu bagian tepung kapur.

Selama bunting, kelinci membutuhkan air dalam jumlah banyak. Kecukupan air sangat membantu pertumbuhan janin sekaligus menjaga kondisi kesehatan induk. Jika induk kekurangan air minum selama bunting, anak yang baru lahir dapat dimakan oleh induknya sendiri.

Induk bunting sangat sensitif. Oleh karena itu, selama bunting suasana kandang harus selalu dalam kondisi tenang. Udara di dalam kandang pun harus bersih dan nyaman. Suasana gaduh dan hiruk-pikuk dapat membuat kelinci stres yang bisa memicu keguguran.

Setelah usia kebuntingan mencapai 27 hari, kotak sarang di dalam kandang perlu disediakan. Kotak sarang tersebut berfungsi sebagai tempat berlindung, seperti liang dalam tanah. Alas kotak perlu dilapisi rumput kering sebagai tempat bersarang. Sekitar 2—3 hari kemudian, induk kelinci akan mencabuti bulu tubuhnya sendiri. Bulu tersebut diletakkan di dalam kotak sarang. Mulai saat inilah, induk kelinci bersiap-siap melahirkan anaknya.

Baca Juga:  Pakan Jangkrik yang Sesuai dengan Umur Jangkrik

 

Sumber: Buku Kelinci Potong

 

Loading...
Loading...