Tips Merawat Kucing yang Terserang Penyakit Flu

Pertanianku — Kucing bisa terserang penyakit flu yang dapat memengaruhi saluran pernapasan atas. Kucing flu disebabkan oleh bakteri dan virus. Faktor pendukung lainnya yang dapat menyebabkan penyakit ini mudah menyerang adalah tingkat kelembapan ruang yang kurang terkontrol, perubahan cuaca, dan penurunan kekebalan tubuh kucing. Itu sebabnya kucing dengan imunitas yang rendah lebih rentan terserang flu.

kucing flu
foto: Pixabay

Oleh karena salah satu penyebab flu adalah sistem imunitas tubuh yang rendah, langkah pertama yang paling berperan untuk menyembuhkannya, tentu saja sistem kekebalan tubuh sendiri.

Virus dan bakteri bisa menyebar melalui kontak langsung dengan kucing yang lain terkena flu ataupun cairan-cairan yang dikeluarkan oleh kucing tersebut. Masa inkubasi penyakit flu dapat mencapai 3 minggu. Artinya, kucing Anda mungkin sudah terinfeksi virus tetapi belum menunjukkan gejala penyakitnya.

Sekitar 80 persen kasus flu disebabkan oleh Feline Herpesvirus (FHV) atau Feline Calicivirus (FCV). Ada juga beberapa kasus flu karena bakteri Chlamydia sp.

Penanganan penyakit flu berbeda-beda, bergantung pada mikroorganisme penyebab flu. Kucing yang sedang flu biasanya menunjukkan gejala bersin, keluar lendir pada mata dan hidung, nafsu makan menurun, demam, batuk, serta radang pada bagian gusi atau lidah. Flu yang parah dapat menyebabkan kucing sesak napas karena adanya penimbunan cairan di dalam paru-paru.

Apabila kucing Anda sudah menunjukkan gejala-gejala penyakit tersebut, sebaiknya segera pisahkan dengan kucing yang lain. Tempatkan kucing tersebut pada kandang yang sudah diberikan alas kain serta lampu untuk menghangatkan tubuhnya.

Lakukan sterilisasi ruangan tempat kucing yang sakit sesering mungkin dengan cairan disinfektan, seperti TH4.

Kucing yang sedang sakit dapat diberikan tambahan vitamin atau immune booster untuk meningkatan daya tahan tubuh.

Baca Juga:  Alasan di Balik Pentingnya Merawat Kuku Kuda Secara Rutin

Apabila gejala tidak menghilang, segera bawa kucing ke dokter untuk mendapatkan tindakan lebih lanjut. Kecepatan pemulihan bergantung pada sistem imun tubuh kucing. Bila kucing Anda mendapatkan gizi yang bagus, kemungkinan flu akan menghilang dengan sendirinya dalam kurun waktu 2–3 hari. Usahakan berikan pakan yang tepat agar kucing memiliki energi untuk memerangi penyebab flu.