Tips Merawat Lidah Mertua Agar Tampak Menawan


Pertanianku — Tanaman hias lidah mertua sangat cocok untuk dijadikan tanaman hias indoor. Oleh karena itu, merawat lidah mertua menjadi suatu kewajiban yang harus Anda lakukan agar ia selalu terlihat menawan dalam tugasnya memperindah ruangan. Selain itu, jika tanaman ini berkembang dengan baik, lidah mertua dapat memberikan manfaat yang baik pula pada kehidupan.

merawat lidah mertua
Foto: Pixabay

Lidah mertua atau yang populer juga dengan sebutan sansevieria dikenal sebagai tanaman yang mampu menyerap zat-zat polusi. Lidah mertua juga dipandang sebagai tanaman yang bisa mendatangkan keberuntungan bagi pemiliknya. Nah, berikut ini langkah-langkah perawatan lidah mertua yang perlu Anda lakukan.

1. Beri penyinaran yang cukup

Lidah mertua membutuhkan cahaya matahari dalam jumlah yang cukup, namun tidak berlebihan. Jika Anda meletakkan lidah mertua di dalam ruangan, dalam waktu 2 hari sekali Anda bisa membawanya ke luar untuk mendapatkan sinar matahari langsung. Jika tidak memungkinkan untuk membawa keluar, pastikan di dalam ruangan tersebut ada cahaya yang masuk dan sirkulasi udaranya pun terjaga.

2. Cara menyiram

Bunga lidah mertua tidak membutuhkan banyak air. Sebab, tanaman ini mampu bertahan di daerah yang panas dan persediaan air tidak melimpah. Cukup lakukan penyiraman dua kali dalam satu minggu. Penyiraman yang terlalu sering justru akan membuat tanaman ini cepat busuk, terlebih untuk tanaman yang dirawat di dalam ruangan.

3. Pemberian pupuk

Pupuk yang baik diberikan pada bunga lidah mertua adalah pupuk yang bisa terurai dalam waktu yang cukup lama. Oleh karena itu, penggunaan pupuk kocor atau pupuk cair kurang disarankan.

4. Hindarkan dari gulma

Jika menanam bunga lidah mertua di luar ruangan atau secara langsung di kebun, usahakan untuk selalu membersihkan area tanamnya dari gulma yang mengganggu. Gulma-gulma tersebut selain akan merugikan tanaman kita, juga berpotensi menjadi sarang berkembang biaknya hama dan penyakit.

Baca Juga:  Begini Caranya Menanam Bougenville dari Benih