Tips Merawat Mata Kucing


Pertanianku – Mata adalah organ yang selaldigunakan kucing, terutama saat gelap. Tentu saja organ tersebut sangat penting bagi kucing yang merupakan hewan malam atau nocturnal.Air mata disekresikan oleh kelenjar di kelopak mata, kelopak mata ketiga (third eye lid), dan konjungtiva. Air mata membersihkan dan mencegah infeksi pada mata kucing. Air mata menguap dan ditiriskan melalui sistem drainase dekat sudut dalam mata. Untuk kucing ras persia, saluran drainasenya rusak karena bentuk kepalanya yang tidak wajar, flat.

Merawat Mata Kucing

Mata yang sehat tidak membutuhkan perawatan yang khusus, kecuali kucing persia bermuka datar. Pastikan mata tidak berair dan tidak iritasi. Jika air matanya kering, kotoran mata harus dibersihkan dengan kain yang telah dibasahi. Berikut ini adalah tahapan membersihkan mata.

– Siapkan bahan untuk membersihkan mata, seperti kapas, cotton bud, atau tisu yang lembut. Basahi bahan dengan air hangat.

– Pegang kepala kucing dengan lembut, tetapi mantap agar kucing tidak melawan dan meronta. Selanjutnya, condongkan sedikit kepalanya agar kotoran dan sudut mata terlihat dengan jelas.

– Usapkan mata dengan kapas atau bahan lain yang lembut. Bersihkan secara perlahan hingga bersih dari kotoran mata atau noda yang menempel di sekitar mata.

– Usapkan kembali mata dengan tisu atau kain bersih hingga kering. Jika saat membersihkan mata terlihat keanehan, seperti mata merah, segera tindak lanjuti. Jika parah, silahkan hubungi dokter hewan.

 

Sumber: Buku Panduan Lengkap Kucing

 

loading...
loading...