Tips Merawat Pohon Durian

PertaniankuMerawat pohon durian menjadi bagian yang paling penting dari proses penanaman pohon durian. Anda harus melakukan perawatan dengan benar untuk mendapatkan buah yang diinginkan. Umumnya, kegiatan merawat pohon durian meliputi pemangkasan pohon, pengairan, dan penyiangan gulma.

merawat pohon durian
foto: pertanianku

Selain ketiga aktivitas perawatan tersebut, Anda harus memberikan perawatan tambahan pada pohon durian untuk merangsang pembungaan dan menghasilkan buah yang berkualitas. Berikut ini tips merawat pohon durian yang sangat bermanfaat jika diterapkan.

Pemberian zat pengatur tumbuh

Loading...

Pemberian zat pengatur tumbuh (ZPT) berfungsi untuk memengaruhi jaringan-jaringan yang ada di dalam organ tanaman. Namun, yang harus Anda perhatikan adalah zat ini sama sekali tidak memberikan unsur hara tambahan pada tanaman durian. Bahkan, penggunaan yang di luar ambang batas malah akan melemahkan pohon sehingga penggunaannya harus disesuaikan dengan anjuran yang tertera dalam kemasannya.

Oleh karena itu, agar pemberian ZPT tidak akan berujung pada pelemahan pohon yang bisa merugikan Anda, berikan ZPT berupa campuran saja.

Penjarangan buah

Bakal buah yang tumbuh sangat banyak bukan berarti pohon tersebut akan menghasilkan buah yang berkualitas dalam jumlah banyak semua. Jumlah buah yang terlalu banyak akan membuat kompetisi perebutan unsur hara, apalagi jika unsur hara terbatas. Untuk mendapatkan buah yang berkualitas, diperlukan proses fotosintesis yang cukup.

Setiap pertumbuhan 2 kg buah harus didukung oleh 200 helai daun. Oleh karena itu, jika buah yang tumbuh terlalu banyak, harus dilakukan penjarangan buah. Penjarangan buah dilakukan pada 40 hari setelah buah terbentuk. Caranya, dilakukan dengan memilih buah yang paling sempurna dan membuang buah yang tidak terpilih karena cacat, kurang bagus, atau tumbuh terlalu lebat dalam satu cabang.

Baca Juga:  Nangka Bulat Mini, Varietas Nangka dengan Getah Buah Sedikit

Perawatan buah

Buah durian yang sudah terbentuk harus dijaga agar tumbuh dengan optimal. Pemeliharaan buah diawali dengan seleksi buah dengan standar diameter buah yang mencapai 5 cm. Sisakan dua buah terbaik pada satu cabang dengan jarak buah yang ideal sekitar 30 cm. Pada pohon durian yang pertama kali berbuah, sebaiknya pelihara hanya satu atau dua butir buah dalam satu pohon.

Untuk mencegah kemungkinan kerontokan buah yang biasanya terjadi setelah buah berumur 10 hari, berikan pupuk makro NPK (0,5—1 kg/pohon). Ikat buah yang sudah matang agar tidak jatuk ke bawah dengan tali rafia.

Loading...
Loading...