Tips Merawat Pot Gantung Beserta Tanaman Hiasnya


Pertanianku — Pot gantung adalah salah satu inovasi berkebun tanaman hias yang saat ini digandrungi penghobi. Pasalnya, hal tersebut dapat dilakukan pula oleh masyarakat urban yang tidak memiliki lahan berkebun. Namun, bagaimana cara merawat pot gantung beserta tanamannya agar selalu terlihat indah?

merawat pot gantung
Foto: Shutterstock10

Pelajari tipe tanaman hias

Tanaman hias apa pun sebenarnya bisa ditanam di dalam pot gantung. Namun demikian, ada beberapa tanaman yang memang tidak cocok untuk ditanam di pot gantung seperti geranium yang akarnya bisa merambat tentunya akan memakan ruang dan tempat. Beberapa tanaman yang sangat cocok di antaranya tanaman petunia, tanaman portulaca, tanaman creeping charlie, dan tanaman sirih blaster heart.

Sesuaikan dengan cahaya matahari

Bila Anda memiliki tanaman hias yang memerlukan cahaya matahari secara langsung seperti kaktus atau bunga lipstik, tentunya tidak akan cocok jika ditanam dengan pot gantung karena cahaya matahari yang diserap tidak akan optimal.

Oleh karena itu, penting untuk menyesuaikan tanaman hias Anda dengan pot gantung yang akan digunakan. Pilihlah pot yang sesuai dengan tanaman hias. Anda tentu dapat menanyakannya secara langsung kepada penjual pot gantung langganan Anda.

Tentukan tali gantungannya

Pastikan untuk menggunakan tali pada gantungan pot yang memiliki bahan kuat serta dapat menahan berat dari tanaman hias Anda beserta dengan potnya. Hindari menggunakan kawat atau tali yang dibuat sendiri karena tidak akan enak dipandang. Selain itu, tali atau kawat yang Anda pasang tidak akan tahan dengan berat pot dan tanaman hias sehingga akan mengakibatkan pot gantung tersebut jatuh.

Baca Juga:  Tanaman Hias Ini Mampu Menangkal Santet