Tips Merawat Tanaman Manggis


Pertaniankku – Buah manggis memiliki kandungan kalsium, zat besi, thiamine, fosfor, dan protein. Manggis merupakan tanaman beriklim tropis yang biasa ditanam di Indonesia, Malaysia, Thailand dan Filipina. Manggis berkhasiat untuk mengobati disentri, menyembuhkan eksim dan dipercaya bisa membantu menyembuhkan luka selepas sunat agar lebih cepat sembuh.

Tips Merawat Tanaman Manggis

Namun, buah yang satu ini masih sangat sulit untuk dibudidayakan di tempat-tempat yang beriklim dingin yaitu dengan suhu dibawah 4 derajat selcius atau di tempat yang terlalu panas atau lebih dari 37 derajat celcius. Berikut beberapa tips merawat tanaman manggis.

  1. Penyegaran tanaman dilakukan dengan mengganti tanah disekitar area pohon manggis setidaknya sekali dalam setahun dengan menggunakan tanah organik yang subur. Jika ditanam di daerah yang terlalu dingin atau panas carilah tanah yang telah disesuaikan dengan tipikal tanaman tropis.
  2. Jauhkan pohon manggis dari gulma atau tanaman parasit. Bersihkan area disekitar pohon manggis dan jika perlu pindahkan pohon manggis ke tempat yang lebih kondusif.
  3. Siram pohon manggis secara teratur, pohon manggis perlu tanah yang lembap dan tidak terlalu kering. Jangan terlalu menyiram tanaman ini berlebihan.
  4. Jangan lupa memberi pupuk untuk pohon manggis Anda setidaknya sekali dalam setahun atau sesuai kebutuhan tanaman dan tanah yang ada disekitarnya. Gunakan pupuk yang tinggi nutrisi dan organik sesuai dengan kebutuhan tanaman tropis lainnya.
Baca Juga:  Ragam Jenis Anggur yang Perlu Diketahui
loading...
loading...