Tips Merawat Tanaman Obat Agar Bertahan Lama


Pertanianku — Pada awalnya, tanaman obat merupakan tanaman liar yang tidak memerlukan pemeliharaan secara khusus. Hanya perlu dilakukan penyiraman secara teratur jika tidak ingin tanaman tersebut kering dan mati. Namun, setelah masyarakat menyadari khasiatnya yang menakjubkan, merawat tanaman obat menjadi penting.

merawat tanaman obat
Foto: Google Image

Keragaman jenis tanaman obat membutuhkan perawatan yang berbeda beda. Hal tersebut karena perbedaan kondisi lingkungan di tiap daerah. Menurut Balipost.co.id, beberapa unsur iklim seperti suhu, curah hujan, dan penyinaran matahari secara langsung berpengaruh bagi pertumbuhan tanaman.

Setiap tanaman obat membutuhkan suhu udara yang sesuai agar proses metabolisme dapat berjalan baik, sedangkan suhu tanah akan memengaruhi proses perkecambahan benih. Suhu tanah yang terlalu rendah dapat menghambat proses perkecambahan, sedangkan suhu tanah yang terlalu tinggi dapat mematikan embrio yang terdapat pada biji.

Tanaman obat-obatan membutuhkan curah hujan yang cukup dengan distribusi yang merata. Ketersediaan air merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan budidaya tanaman obat.

Berikut ini adalah tips merawat tanaman obat yang dilansir dari berbagai sumber.

  • Memberikan pupuk kandang secukupnya. Hal tersebut dikarenakan pupuk kandang mengandung unsur hara makro dan mikro yang dibutuhkan tanaman. Dosis penggunaan pupuk kandang, yaitu 1 sampai 2 ton per hektare.
  • Memberikan pupuk organik, karena pupuk organik dapat memperbaiki struktur tanah dan sebagai sumber zat makanan bagi tanaman.
  • Melakukan penyulaman bila terdapat bibit yang mati atau pertumbuhannya tidak normal.
  • Melakukan penyiraman pada saat penanaman atau tanaman masih kecil. Tanaman yang sudah besar relatif tidak memerlukan penyiraman atau seandainya mengkhawatirkan, penyiraman dapat dilakukan dengan perendaman parit bedengan.
  • Melakukan penyiangan secara berkala yakni dilakukan 1 atau 2 kali selama masa tumbuh dan bisa dilakukan bersamaan dengan pemberian pupuk kandang.
Baca Juga:  Peranan dan Fungsi Kultur Jaringan untuk Pertanian

Dengan memiliki tanaman obat di sekitar rumah, Anda akan dapat memanfaatkan dan mengolahnya dengan mudah menjadi obat tradisional.