Tips Merebus Telur Antipecah

    Pertanianku — Telur dapat diolah dengan berbagai cara, salah satunya dengan proses perebusan. Sayangnya, merebus telur memiliki beberapa kelemahan. Jika cara yang dilakukan tidak tepat, telur rebus dapat menjadi retak dan pecah. Akibatnya, bagian dalam telur keluar dari cangkang dan menghasilkan telur rebus yang kurang menarik.

    merebus telur
    Foto: freepik

    Untuk mengatasi hal tersebut, berikut ini tips merebus telur yang dapat Anda terapkan. Telur rebus antipecah akan lebih menarik jika digunakan sebagai bahan baku pembuatan telur balado, telur kecap, ataupun olahan lainnya.

    Cuci telur


    Loading...

    Cuci telur yang akan direbus dengan air mengalir. Cara ini dilakukan untuk memastikan telur yang direbus benar-benar bersih tanpa ada kotoran yang menempel pada cangkang telur. Selain itu, mencuci telur juga dapat membuat Anda mengetahui bila ada telur yang retak atau pecah. Usap perlahan cangkang telur dengan spons busa bila diperlukan.

    Telur dari kulkas

    Jangan langsung rebus telur yang baru dikeluarkan dari kulkas dan bersuhu dingin. Sebaiknya, diamkan dulu telur tersebut hingga suhunya sama dengan suhu ruang.

    Air dalam jumlah cukup

    Gunakan air dalam jumlah cukup untuk merebus telur. Pastikan telur terendam dalam air tersebut. Gunakan pula panci berukuran lebih besar sehingga ketika telur saling bergolak, tidak terjadi tubrukan antartelur yang menyebabkan telur rawan retak dan pecah. Jangan paksakan memasukkan telur ke panci jika sudah terlalu penuh.

    Api sedang

    Cukup gunakan api sedang saat merebus telur. Waktu yang diperlukan untuk mematangkan telur-telur tersebut umumnya hanya berkisar 10 menit. Bila api yang digunakan terlalu besar, air akan bergejolak. Telur pun rawan terbentur satu sama lain dan mengakibatkan telur retak dan pecah.

    Tambahkan garam atau cuka

    Salah satu trik yang sudah umum digunakan pada proses perebusan telur adalah dengan menambahkan garam atau cuka. Garam yang ditambahkan cukup setengah sendok teh. Sementara, untuk cuka cukup gunakan satu sendok teh.

    Penambahan garam atau cukua dapat membantu memudahkan pengupasan kulit telur saat sudah matang. Dengan begitu, telur rebus pun tetap memiliki bentuk yang menarik. Penambahan cuka dan garam dalam jumlah kecil juga tidak akan memengaruhi rasa telur rebus.

    Loading...
    Loading...