Tips Mudah Membuat Media Tanam Aglonema

Pertanianku — Aglonema merupakan tanaman hias yang memiliki keunggulan pada sosok dan corak daun yang indah. Tanaman hias ini mampu beradaptasi dengan mudah sehingga merawatnya pun tidak terlalu sulit. Media tanam aglonema yang baik adalah tanah yang gembur dan porous dengan kelembapan udara mencapai 50—60 persen.

media tanam aglonema
foto: pertanianku

Media tanam aglonema yang baik harus memiliki sistem drainase dan sirkulasi udara yang mumpuni. Media tanam yang terlalu basah dan menggenang bisa menimbulkan pembusukan pada akar. Oleh karena itu, untuk menjaga kelembapan media tanam, letakkan tanaman di tempat yang terkena cahaya matahari langsung beberapa saat.

Di habitat aslinya, aglonema dapat dijumpai di hutan-hutan dataran rendah dengan ketinggian maksimum 600 mdpl. Namun, pertumbuhan aglonema akan maksimal jika ditanam di ketinggian 300—400 mdpl.

Loading...

Tanaman ini mampu tumbuh dengan optimal di tempat yang memiliki intensitas cahaya yang terbatas hanya sebesar 10—30 persen, seperti di bawah naungan pohon besar. Pohon ini mampu bertahan di tengah pencahayaan yang minimal membuat aglonema sering dijadikan tanaman indoor.

Paparan sinar matahari yang terlalu terik bisa membuat daun menjadi pucat, bahkan mengalami bekrosis atau daun seperti terbakar.

Jenis media tanam yang bisa digunakan adalah coco peat, sekam bakar, dan pakis. Bahan lain untuk campuran media adalah pupuk kandang, kompos, humus, dan pasir. Berikut ini beberapa formula media tanam yang bisa Anda gunakan untuk menanam aglonema.

  • Formula 1 : Cocopeat, sekam bakar, cacahan pakis, kompos, moss, dan pasir dengan perbandingan (1:1,5:5:0,5:1:1)
  • Formula 2 : Cocopeat, sekam bakar, moss, dan pasir dengan perbandingan (4:4:1:1)
  • Formula 3 : Cocopeat, sekam bakar dan pasir dengan perbandingan (4:4:2)
  • Formula 4 : Sekam bakar, kompos, dan pasir dengan perbandingan (3:3:4)
  • Formula 5 : Cocopeat, sekam bakar, kompos, dan mos dengan perbandingan (3:3:1:3)
Baca Juga:  Langkah Mudah Membuat Minyak Atsiri Bunga Sedap Malam

Perihal suhu, pada dasarnya aglonema dapat tumbuh pada suhu berapa pun karena pohon ini mampu beradaptasi dengan baik. Namun, suhu optimal untuk tanaman aglonema ini tumbuh adalah sebesar 28—30°C pada siang hari dan pada malam hari berkisar 20—22°C.

 

Loading...
Loading...