Tips Mudah Menanam Anggur Brazil di Polibag


Pertanianku — Ada banyak jenis buah yang bisa ditanam di halaman rumah, mulai dari buah rambutan, mangga, jeruk hingga buah anggur brazil. Sebenarnya buah anggur brazil merupakan tanaman buah yang berasal dari negara Brazil. Namun, dikarenakan kecocokannya untuk ditanam di Indonesia, buah anggur brazil menjadi salah satu tanaman buah yang dipilih untuk ditanam.

anggur brazil
Foto: Shutterstock

Buah anggur brazil tersebut memiliki daging buah yang berwarna putih dan kalau sudah matang akan terasa manis asam. Cara menanam anggur brazil pun sebenarnya bisa dilakukan dengan cukup mudah karena bisa disesuaikan dengan ketersediaan alat dan bahan penanaman di rumah. Meskipun cara menanamnya tergolong mudah, belum banyak hobiis di Indonesia yang menanam tanaman buah tersebut.

Menanam langsug ke tanah menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan, tetapi terkadang cara tersebut kurang tepat apabila didapatkan tanah yang kurang subur dan lokasi yang sulit terkena sinar matahari. Adapun cara lain yang bisa digunakan untuk menanam tanaman anggur brazil adalah dengan menggunakan polibag.

Berikut ini langkah mudah menanam anggur brazil di polibag. Pertama, siapkan terlebih dahulu polibag yang akan digunakan untuk menanam tanaman angur brazil tersebut. Untuk ukuran polibag, disarankan untuk menggunakan polibag dengan ukuran diameter minimal 20 cm. Setelah itu, siapkan tanah, pupuk kohe, dan sekam bakar masing-masing dengan perbandingan 1:1:1.

Campurkan ketiga bahan tersebut di tempat terpisah hingga merata. Lalu, gunakan campuran yang sudah merata sebagai media tanam. Masukkan media tanam yang sudah jadi ke polibag yang sudah disiapkan.

Setelah itu, buat lubang tanam di media tanam yang sudah berada di dalam polibag. Siapkan bibit buah anggur brazil yang akan ditanam. Lepaskan plastik kresek yang membungkus bibit, lalu masukkan bibit ke lubang tanam yang sudah disiapkan. Tutup kembali lubang tanam menggunakan media tanam di sekitarnya. Lalu, siram bagian akar tanaman dengan air secukupnya agar tanaman tidak kekurangan air.

Baca Juga:  Tips Mengendalikan Hama dan Penyakit Tanaman Melon