Tips Mudah Menanam Selada

Pertanianku – Selada dikembangbiakkan dengan bijinya. Dalam satu hektar laha diperlukan 600—800 g biji selada. Menurut teori, satu hektar diperlukan 300 g biji dengan daya kecambah 75%. Biji-biji selada berukuran kecil, lonjong, pipih (gepeng), dan berbulu tajam.

Tips Mudah Menanam SeladaTanah yang akan ditanami dicangkul sedalam 20—30 cm, kemudian diberi pupuk kandang sebanyak 10 ton/ha. Setelah itu, lahan dibuat bedengan dengan lebar satu meter dan memanjang dari arah timur ke barat. Setelah bedengan terbentuk, dibuat alur tanam menggunakan garu. Arah pembuatan alur lurus ke arah timur dengan jarak antar-alur 25 cm. Pembuatan alur tersebut sebaiknya tidak terlalu dalam karena akar-akar selada mengumpul di lapisan tanah atas.

Biji-biji selada dapat ditanam langsung di kebun tanpa disemaikan terlebih dahulu. Apabila biji disemai, dijaga kelembapan tempat persemaiannya sehingga selada tumbuh cepat dan baik. Setelah berumur sebulan (kira-kira berdaun empat helai), bibit dapat dipindahkan ke kebun dengan jarak tanam 20 cm x 25 cm atau 25 cm x 25 cm.

Loading...

Biji-biji selada yang ditanam langsung, ditaburkan merata sepanjang alur kemudian ditutup tanah tipis-tipis. Biji selada akan tumbuh 5 hari kemudian. Setelah berumur kira-kira satu bulan (kira-kira berdaun 3—5 helai), tanaman mulai diperjarang. Penjarangan dilakukan terhadap bibit kerdil hingga jarak antar tanaman menjadi 20—25 cm.

Setelah berumur dua minggu dari tanam, tanaman diberi pupuk ureasebanyak 200 kg/ha atau 1 g/tanaman. Pupuk diletakkan di antara barisan tanaman.

 

Sumber: Buku bertanam 36 Jenis sayur

Baca Juga:  Kenali Penyaki Daun Tanaman Mentimun yang Bikin Gagal Panen
Loading...
Loading...