Tips Mudah Menghilangkan Duri Ikan Bandeng


Pertanianku — Salah satu jenis ikan yang banyak diminati ialah bandeng. Sayangnya, ikan ini banyak sekali durinya. Jika tidak hati-hati, duri ikan bandeng bisa tertelan dan menyakitkan.

duri ikan bandeng
Foto: Google Image

Mengonsumsi ikan memang baik untuk kesehatan. Tidak hanya itu, kandungan proteinnya baik untuk meningkatkan kesehatan otak. Nah, tidak salah jika ikan sangat disarankan untuk dikonsumsi anak pada usia pertumbuhan.

Lantas, bagaimana caranya memberi makan anak dengan ikan yang terbebas dari duri? Anda tidak perlu panik. Berikut ini ada tips untuk menghilangkan duri pada ikan bandeng yang wajib dicoba.

  • Sebelum mengolah bandeng sebaiknya Anda membersihkan sisiknya. Bersihkan dengan pisau yang tajam, mulai dari bagian ekor ke bagian kepalanya.
  • Jika Anda ingin menghilangkan duri bandeng saat masih mentah, mulai dengan menyayat mulai dari punggungnya. Jangan terlalu dalam menyayatnya karena akan membuat durinya yang ada di dalam tidak ikut terpotong.
  • Setelah punggung disayat, langsung sayat bagian ekornya. Pada bagian ekor, duri biasanya akan terkumpul lebih banyak. Untuk itu, Anda bisa menyayatnya lebih dalam dibandingkan ketika menyayat bagian punggungnya. Sayat ekornya mengikuti arah duri.
  • Pegang bagian ekornya, lalu tarik bagian ekor dan duri, sambil bagian kepala ditekuk. Hal ini untuk memudahkan mengambil duri.
  • Untuk menghilangkan duri-duri yang tertinggal, Anda dapat membersihkannya dengan menggunakan pinset.

Bagaimana, mudah sekali bukan caranya?! Jika tidak sabar, Anda dapat memasak bandeng dengan panci presto. Daging bandeng lebih lunak dan pasti durinya ikut hancur. Tertarik mencoba?

Baca Juga:  Tips Ampuh Atasi Sifat Kanibalisme Ikan Lele