Tips Pemasaran Cacing Sutera


Pertanianku – Cacing sutera merupakan salah satu pakan alami favorit ikan, terutama ikan air tawar, disebabkan oleh tingginya kandungan gizi di dalamnya. Kandungan inilah yang menyebabkan ikan cepat tumbuh. Banyaknya jumlah breeder ikan membuat permintaan cacing sutera semakin tinggi. Jadi, untuk masalah pemasaran sepertinya tidak perlu khawatir.

Kandungan Nutrisi Cacing Sutera

Berdasarkan hal itu, pemasaran cacing sutera cukup luas. Pembenihan ikan menjadi pasar yang besar karena biasanya dilakukan secara massal dan berkesinambungan. Rentang waktu yang cepat dalam setiap tahap pembenihan menyebabkan para breeder membutuhkan suplai cacing sutera secara kontinu. Tentu saja hal ini untuk menunjang keberhasilan produksinya hingga benihnya mencapai ukuran pasar yang diinginkan.

Faktor lain yang juga mempengaruhi tingginya permintaan cacing sutera adalah para pengusaha ikan hias. Selain itu, kebutuhan cacing sutera untuk pembenihan tidak hanya datang dari usaha perorangan, tetapi juga datang dari instansi pemerintah, misalnya Balai Benih Ikan (BBI) yang banyak tersebar di berbagai daerah di Indonesia.

Pasar cacing sutera cukup bersaing dan menguntungkan. Walaupun harganya berfluktuatif dan berbeda antara daerah satu dengan lainnya, tetapi masih menguntungkan. Cacing sutera dalam kondisi hidup memiliki harga jual lebih tinggi dibandingkan dengan cacing suterakering atau beku. Hargacacing sutera di Jakarta mencapai Rp15.000— 20.000 per liter. Sementara itu, di Temanggung, Magelang, Wonosobo, dan Kendal, harganya sekitar Rp10.000—15.000 per liter.

Jual beli cacing sutera umum dilakoni para pembenih ikan dan para pemain ikan hias. Sebagian besar para pemain ikan tersebut justru kesulitan mencari sumber cacing untuk kebutuhan mereka. Jadi, pemasaran cacing sutera sepertinya tidak memerlukan banyak biaya untukmelakukan penawaran kepada konsumen. Justru para breeder itulah yang akan datang kepada para peternak cacing sutera untuk mendapatkan suplai cacing.

 

Sumber: Buku Beternak Cacing Sutera Secara Modern

 

 

loading...
loading...