Tips Pemberian Pakan Ayam Elba Antiboros

Pertanianku— Berdasarkan hasil penelitian kebutuhan zat gizi ayam elba sama dengan gizi ayam ras. Ransum ayam ras bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ayam elba. Namun, Anda tidak bisa mengandalkan secara penuh pakan ayam broiler sebagai pakan ayam elba karena bisa menyebabkan biaya pakan lebih boros.

pakan ayam elba
foto: Pertanianku

Pakan ayam broiler yang diberikan secara utuh kepada ayam elba tidak akan membuat produksi telur maksimal. Bahkan, produksinya masih di bawah produksi telur ayam ras. Melansir dari buku Ayam Elba Kampung Petelur, produksi yang rendah disebabkan oleh perbedaan konversi pakan antara ayam elba dan ayam ras. Kemampuan genetis ayam elba hampir sama dengan ayam buras lainnya.

Banyak faktor yang dapat memengaruhi kebutuhan nutrisi pada ayam elba. Beberapa di antaranya galur ternak, umur ternak, keadaan lingkungan/cuaca, dan daya produksi ternak.

Pakan merupakan unsur yang paling berpengaruh dalam komposisi modal produksi. Oleh karena itu, pakan yang digunakan harus bisa bekerja dengan baik agar keuntungan yang didapatkan lebih besar.

Bila pakan yang diberikan tidak berpengaruh signifikan, pemberian pakan tersebut justru dapat menyebabkan kerugian dan menjadi tidak bagus untuk digunakan. Oleh karena itu, sebagai peternak, Anda harus jeli melihat kebutuhan pakan ayam elba.

Anda bisa mengefisiensikan pemberian pakan dengan mengombinasikan antara bahan pakan nabati dan bahan pakan hewani. Keduanya akan saling melengkapi karena sama-sama dibutuhkan oleh ayam elba. Anda harus memperhitungkan kebutuhan masing-masing bahan pakan untuk mencegah pemborosan pakan ayam elba.

Penghematan pakan bisa dilakukan dengan fermentasi kedelai. Pakan yang diberikan tambahan fermentasi ini rata-rata bisa mengalami penambahan bobot mencapai 75 gram per hari. Sementara itu, bila fermentasi diberikan pada air minum, penambahan bobot badan mencapai 60 gram per hari. Penambahan fermentasi ketan hitam diketahui bisa menghemat pakan mencapai 15 gram per hari. Ayam yang diberikan fermentasi ini akan terasa padat dagingnya.

Baca Juga:  Kriteria Kandang Panggung yang Baik untuk Kambing

Fermentasi ketan hitam bisa dibuat dengan memeras tape ketan hitam, lalu air perasannya difermentasi selama dua bulan di dalam botol.

Masih banyak tips merawat ayam elba untuk peternak skala komersial ataupun skala kecil yang diulas di buku Ayam Elba Kampung Petelur Super. Anda bisa mendapatkannya dengan menghubungi WhatsApp admin Penebar Swadaya atau berkunjung ke Shopee Mall Penebar Swadaya.