Tips Pemberian Pakan Ternak Ayam Kampung

Pertanianku — Ayam kampung memiliki popularitas yang cukup baik di kalangan masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, ternak ayam kampung akan menjadi alternatif bisnis yang cukup menjanjikan. Namun sebelum memulai beternak, Anda wajib memahami soal pemberian pakan ternak ayam kampung itu sendiri.

pemberian pakan ternak ayam kampung
Foto: Google Image

Dengan tahu bagaimana cara memberikan pakan yang tepat, diharapkan hasil panen dari ayam kampung yang Anda ternakkan menjadi maksimal. Berikut ini tips memberikan pakan ternak khusus ayam kampung yang wajib Anda perhatikan.

Sesuaikan dengan umur

Loading...

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah sesuaikan dengan umur. DOC ayam kampung ini pakannya berbeda dengan ayam kampung dewasa. Jenis pakannya pun berbeda, misalnya untuk DOC ayam kampung jenis pakannya lebih lembut dibandingkan dengan yang sudah dewasa.

Tepat waktu

Memberikan pakan ayam kampung ini harus tepat waktu. Ayam kampung ada masanya diumbar dan akan kembali saat waktu makan. Jika tidak memiliki jam makan yang tepat, ayam kampung ini akan sulit mengingat jam makannya sehingga saat waktu makan tidak akan kembali ke kandang. Hal ini akan merugikan bagi peternak karena selain tumbuh kembang tidak maksimal, ayam kampung itu akan terbiasa untuk tidak pulang ke kandang.

Takaran yang tepat

Untuk membuat tumbuh kembang ayam kampung menjadi maksimal berikanlah takaran yang tepat. Takaran ayam DOC berbeda dengan ayam kampung dewasa. Selain itu, jenis kelamin jantan dengan betina ini takarannya berbeda dan jantan lebih mendominasi pakan. Oleh karena itu, pastikan setiap ayam tersebut mendapatkan takaran pakannya masing-masing.

Baca Juga:  Cara Mengolah Daging Kambing agar Tidak Bau
Loading...
Loading...