Tips Pemeliharaan Anakan Ayam Hias

Pertanianku – Dalam pemeliharaan anakan perlu dilakukan beberapa hal terkait persiapan kandang, pakan, dan minum.

Pemeliharaan Anak Ayam

A. Persiapan kandang

Pemeliharaan ayam hias biasanya hanya berjumlah sedikit sehingga persiapan untuk kandang cukup praktis. Biasanya digunakan kandang kecil dari kotak yang diberi lampu pemanas 40—60 watt untuk menghangantkan tubuh anak ayam bila anak ayam dipisahkan dengan induknya dari kecil. Sebelum digunakan, kotak disemprot dengan desinfektan menggunakan sprayer kecil. Bila jumlah ayam agak banyak, dapat digunakan kandang permanen kecil yang terbuat dari kawat kandang seperti kandang untuk anak ayam kampung. Bila anak ayam banyak perlengkapan yang digunakan dapat mengacu pada pemeliharaan ayam kampung.

B. Pakan dan minuman

Tempat pakan yang digunakan berukuran kecil, begitu pula tempat minumnya menggunakan tempat minum ukuran 1 liter. Oleh karena anak ayam sangat kecil, sebaiknya tempat minum diberi kelereng supaya anak ayam tidak basah kuyup.

Pakan yang dapat digunakan adalah pakan broiler starter, sedangkan minumannya sebaiknya dari air sumur (bukan air pam). Air minum dalam satu minggu pertama sebaiknya dicampur dengan vitamin. Vitamin dapat dibeli di poultry shop. Ayam hias juga perlu divaksin ND pada umur empat hari dan umur empat minggu dengan strain Lasota.

 

Sumber: Buku Paduan Lengkap Ayam

 

Baca Juga:  Tips agar Tidak Kecewa Saat Beternak Ayam Kampung

loading...