Tips Pemeliharaan Ayam yang Baru Menetas


Pertanianku – Hal yang harus diperhatikan, sebelum DOC dimasukkan, kandang boks harus dipanaskan hingga suhu ruangan stabil 35o C. Untuk itu, diperlukan lampu yang dinyalakan terus-menerus siang dan malam. Kestabilan suhu kandang dipertahankan sampai DOC berumur tujuh hari. Setelah itu, kepadatannya diatur agar tidak sesak di dalam kandang. Berikut adalah pengaturannya.

DOC Pullet

a) Misalnya kandang boks berukuran 100 cm x 100 cm x 60 cm. Kandang dengan ukuran yang demikian dapat digunakan untuk memelihara 60 ekor DOC hingga umur tujuh hari.

b) Pada hari ke-8—14, kepadatan anak ayam dikurangi menjadi 40 ekor per boks. Sebagian anak ayam dipindahkan ke dalam kandang boks lain yang serupa dengan kepadatan yang sama. Kandang boks tersebut harus dilengkapi dengan lampu 25 watt sehingga suhu kandang stabil 32,2o C.

c) Mulai hari ke-15—21, populasi dijarangkan lagi dengan kepadatan 20 ekor/m2. Anak ayam yang lain juga dipindahkan ke kandang boks lain dengan kepadatan yang sama. Pada tahap ini, digunakan lampu penerang 15 watt sehingga suhu kandang stabil 29,4o C.

d) Mulai hari ke-22—28, kepadatan anak ayam di dalam kandang boks tetap sama, yaitu 20 ekor/m2. Namun, lampu penerang diganti dengan yang daya terangnya 10 watt sehingga suhu kandang stabil 26,7o C. Selain itu, lampu hanya dinyalakan pada malam hari. Fungsinya bukan lagi sebagai penghangat, tetapi hanya sebagai penerang agar ayam tetap aktif makan dan minum.

e) Mulai hari ke-29, lampu penerang tidak digunakan lagi. Bulu ayam sudah tumbuh lengkap. Kondisi fisiknya sudah mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitarnya.

Selanjutnya ayam elba bisa dibesarkan di tempat yang lebih luas secara koloni, misalnya di kandang litter maupun postal. Ayam pun bisa tetap dibesarkan di kandang yang sama, yaitu di kandang boks sampai umur dua bulan. Namun, kandang tidak diberi lampu dan kepadatannya hanya 10 ekor/m2.

Baca Juga:  Yuk, Ketahui 5 Tanda Utama Itik akan Bertelur

 

Sumber: Buku Ayam Elba Kampung Petelur