Tips Pemeliharaan Itik Fase Starter

Pertanianku – Fase starter merupakan masa kritis bagi itik, terutama pada umur 1—14 hari. Masa ini merupakan masa penyesuaian dengan lingkungan sehingga memerlukan penanganan yang sangat cermat. Faktor yang harus diperhatikan adalah suhu lingkungan, hembusan angin, ventilasi, luas kandang, lantai kandang, tempat minum, dan jumlah pakan.

Ingin Bisnis Itik? Baca Artikel Ini!

Jika pemeliharaan anak itik pada dataran rendah dengan suhu panas pada siang hari dan malam harinya tidak terlalu dingin, sebaiknya di dalam kandang tidak perlu dipasang pemanas. Untuk mengatasi suhu dingin pada malam hari, petak kandang starter cukup dibuatkan sekat menjadi dua bagian, yaitu bagian untuk tempat makan/minum dan bagian lain untuk tempat istirahat/tidur. Tempat istirahat bagian atas dibuat penutup yang dapat dibuka pada siang hari dan ditutup pada malam hari dengan sedikit ventilasi agar udara tetap hangat dan cukup oksigen. Bila hembusan angin cukup kencang, upayakan dinding kandang dapat menahan hembusan angin sehingga tidak langsung masuk dalam petak kandang. Selain itu, perlu dijaga agar lapisan lantai pada ruang istirahat tetap kering.

Loading...

Bila pemeliharan anak itik menggunakan kandang kotak, keempat sisi kotak harus tertutup dan bagian atas kotak diberi penutup dengan sedikit ventilasi. Penutup atas kotak pada siang hari dibuka dan ditutup pada malam hari. Pada kandang sekat maupun kandang kotak perlu diberi lampu penerangan pada malam hari.

 

Sumber: Buku Beternak Itik Hibrida Unggul

 

Baca Juga:  Penyakit Ayam yang Disebabkan Oleh Kekurangan Nutrisi
Loading...
Loading...