Tips Pemeliharaan Kambing


Pertanianku – Hampir semua ternak ruminansia kecil di Indonesia dipelihara oleh peternak kecil di pedesaan dengan sistem pemeliharaan tradisional. Bahan pakan yang digunakan berasal dari limbah pertanian dan tanaman sekitar pemukiman.

Peluang Usaha Beternak Kambing

Anak kambing yang baru lahir harus mendapatkan kolustrum karena kolustrum merangsang saluran pencernaan, memberikan vitamin A, dan mengandung antibodi yang memberikan immunitas terhadap penyakit. Apabila tidak menyusu dalam waktu tiga jam setelah lahir, anak kambing harus dibantu menyusu ke induknya. Caranya, mulut anak kambing diarahkan ke puting susu induknya. Dalam kondisi seperti ini, tubuh induk perlu dipegangi agar putingnya tidak bergerak-gerak. Bila anak yang baru lahir tidak diajari menyusu, insting menyusunya akan hilang dan anak akan mati.

Penyapihan dapat dilakukan pada umur 5 bulan. Namun, untuk kambing tipe pedaging, penundaan penyapihan akan lebih baik agar anak bisa mendapat keuntungan maksimal dari susu induk. Bila anak sudah dipisahkan dari induk, dapat diberikan pakan tambahan, seperti dedak padi atau daun leguminosa. Pemeriksaan pertumbuhan setelah penyapihan sangat penting agar pada saat dikawinkan pertama kali, bobot badannya cukup.

Tata laksana rutin pada kambing dewasa dan induk yang harus diperhatikan adalah saat yang tepat untuk mengawinkan dengan melihat tanda-tanda ternak estrus. Pemakaian pejantan bersama oleh kelompok peternak akan menurunkan biaya pemeliharaan.

 

Sumber: Buku Budidaya 22 ternak potensial