Tips Penanaman dan Perawatan Tanaman Belimbing Manis


Pertanianku – Kunci kesuksesan membuahkan tabulampot terletak pada cara perawatannya. Jika tidak dirawat dengan benar, tabulampot akan merana dan kerdil. Beberapa hal yang perlu dilakukan dalam pemeliharaan tanaman buahbelimbing adalah penyiraman, pemupukan, pemangkasan, dan pembungkusan buah.

Belimbing Manis

  • Bertanam

1.Siapkan pot drum yang bagian dasarnya sudah diberi lubang., lalu masukkan pecahan genting atau batu bata di bagian dasar pot setebal 5 cm. Selanjutnya, masukkan media tanam ke dalam pot hingga setengah pot.

2.Siapkan bibit, lalu keluarkan dari polibag dengan hati-hati. Dan potong sebagian akar-akar yang berlebihan. Usahakan, media tanam terbawa bersama akar tanaman.Tanam bibit tepat di tengah pot dengan posisi tegak. Tambahkan media tanam hingga hampir penuh, lalu padatkan bagian pangkal batang.

3.Siram tanaman dengan air bersih secukupnya hingga media tanam basah. Tempatkan tanaman di lokasi teduh selama 4—6 minggu, lalu pindahkan di tempat terbuka dengan sinar matahari, terutama pagi hari.

  • Penyiraman

Tanaman belimbing tidak menyukai air tergenang. Namun, penyiraman tanaman merupakan hal yang mutlak dilakukan. Penyiraman sebaiknya dilakukan secara kontinu 1—2 kali sehari atau tergantung keadaan cuaca. Penyiraman dikurangi ketikasebagian besar buah hampir matang.

  • Pemangkasan

Pemangkasan bentuk: belimbing juga membutuhkan pemangkasan untukmembentuk percabangannya. Tujuannya agar sinar matahari dapat masuk merata ke semua cabang (daun). Bentuk cabang yang ideal mengacu pada sistem 1-3-9. Artinya, yang dipelihara hanya 1 batang utama (75—100 cm),3 cabang primer (30—50 cm), dan 9 cabang sekunder(30—50 cm). Cabang lain yang tidak dikehendaki dipangkas. Dari cabang sekunder ini akan tumbuh cabang-cabang tersier. Pemangkasan ini dilakukan pada tanamanyang belum produktif pada umur sekitar 2—3 tahun. Pemangkasan tunasyang tumbuh di pangkal dan tengah cabang serta ujung ranting dilaksanakan setiap 1—2 bulan sekali.

Baca Juga:  Mengulik Efek Samping Mahkota Dewa bagi Kesehatan

Pemangkasan untuk peremajaan: pemangkasan ini dilakukan pada pohon berumur lebih dari 10 tahun yang produksinya mulai menurun. Batang utama dipotong miring pada ketinggian 60—70 cm dari permukaan tanah.

  • Pembungkusan buah

Pembungkusan buah dilakukan saat ukuran buah sebesar jempol jari tangan (kelereng). Dalam satu rangkaian, dipilih satu buah yang bentuk dan pertumbuhannya terbaik. Bahanpembungkus dapat berupa dua lapis karbon bekas yang ujung dan pangkalnya diikat. Bahan pembungkus lain yang bisa digunakan adalah kantong plastik (PE)yang bagian bawahnya digunting untuk mencegah kelembapan tinggi. Untukpembungkus plastik, bagian dalamnya dilapisi dengan kertas koran karena kertas koran dapat menyerap uap air hasil respirasi buah.

  • Repotting

Pergantian media tanam pada tabulampot belimbing manis dilakukan setiap 6—12 bulan sekali. Namun, jika tanaman menunjukkan tanda-tanda, sepertiakar-akar yang menyembul di permukaan media tanam, pertumbuhan tanaman kerdil, dan tanaman tidak mau berbunga dan berbuah, tabulampot belimbing manis perlu di-repotting. Adapun caranya sama dengan repotting tabulampot lainnya. Hal ini mungkin karena pot terlalu kecil sehingga akar tidak mampu berkembang. Untuk pot dari drum, kiranya tidak perlu diganti.

 

Sumber: Buku 20 Tabulampot Rajin Berbuah

 

loading...
loading...