Tips Pencegahan Penyakit Ayam Broiler

Pertanianku — Ada banyak penyakit ayam broiler yang bisa saja menyerang ternak Anda. Bahkan, ada beberapa di antaranya bisa menyebabkan kematian pada ayam. Jika ternak Anda terserang penyakit dan memgakibatkan kematian dengan jumlah yang cukup banyak, kerugian pun sulit untuk dihindari. Karena itu, perlu adanya pencegahan penyakit ayam broiler agar Anda tidak merugi.

pencegahan penyakit ayam broiler
Foto: Ilustrasi terak ayam broiler (Pixabay)

Ada 5 cara yang bisa dilakukan peternak untuk mencegah penyakit ayam seperti berikut ini.

1. Memberikan pakan bernutrisi

Loading...

Memberikan pakan bernutrisi merupakan salah satu cara untuk mencegah adanya penyakit pada ayam broiler. Setiap periode ayam memiliki nutrisinya masing-masing. Peternak harus bisa memenuhi nutrisi pada setiap periode ayam tersebut. Misalnya, nutrisi pada periode starter berbeda dengan grower dan juga finisher.

2. Jaga kebersihan kandang

Terlalu banyak kotoran ayam di dalam kandang akan membuat kadar amonia menjadi tinggi. Kadar amonia yang tinggi ini akan membuat nafsu makan ayam menjadi menurun. Jika nafsu makannya menurun, bisa menyebabkan kesehatan ayam tidak stabil karena pakan ini menjadi faktor penting dalam menjaga kesehatan dan kebugaran ayam. Oleh karena itu, bersihkan kandang setiap pagi dan sore.

3. Hindari kandang yang lembap

Kandang yang lembap menjadi salah satu faktor penyebab ayam broiler mudah terkena penyakit. Saat musim penghujan menjadi sangat rawan bagi peternak yang membudidayakan ayam broiler. Sebab, selain membuat kondisi kandang menjadi lembap, penyakit yang disebabkan oleh virus menjadi mudah menyebar dengan cepat. Oleh karena itu, hindarilah kondisi tersebut untuk menjaga kesehatan ayam.

4. Vaksin

Vaksin berguna untuk mencegah penyakit ayam potong atau pedaging yang tidak bisa disembuhkan. Mencegah lebih baik dibandingkan dengan mengobati. Jenis vaksin ayam ini beragam sehingga peternak harus tahu jenis vaksin dan kapan waktu yang tepat untuk pemberian vaksin tersebut.

Baca Juga:  Penyakit Ayam yang Disebabkan Oleh Kekurangan Nutrisi

5. Vitamin

Cara mencegah penyakit ayam broiler selanjutnya adalah meningkatkan sistem imun pada ayam broiler dengan memberikan vitamin. Ayam yang rutin diberikan vitamin akan lebih sehat dan lincah dibandingkan yang tidak diberikan vitamin sama sekali.

Loading...
Loading...