Tips Pengairan yang Tepat agar Tanaman Tidak Busuk

Pertanianku — Air memang merupakan salah satu unsur penting dalam pertumbuhan tanaman. Pemberian air harus terus dilakukan agar tanaman tidak mati. Namun, pemberian air juga harus tepat agar tanaman dapat tumbuh dengan optimal. Pengairan berperan penting melarutkan dan memudahkan pengakutan zat hara dari dalam tanah ke pertumbuhan tanaman. Simak berikut tips pengairan yang tepat.

 pengairan
foto: pixabay

Pahami cara pengairan yang tepat

Pengairan juga perlu penanganan yang tepat, kapan tanaman membutuhkan air dan kapan tanaman tidak membutuhkan air serta berapa volume air yang dibutuhkan oleh tanaman. Hal penting yang harus dilakukan adalah media untuk tanaman tumbuh jangan sampai kekurangan air atau kelebihan air.

Loading...

Pengairan yang tepat sudah harus dilakukan dari tanaman masih muda. Hal ini bertujuan mendorong perkembangan akar lebih banyak dan merangsang pertumbuhan batang dan tajuk menjadi lebih baik.

Selain mendorong pertumbuhan tanaman, air juga berfungsi menjaga tanaman agar tetap hidup. Tanaman yang kekurangan air akan menjadi layu dan lama-kelamaan akan mati. Kekurangan air juga dapat menyebabkan daun-daun serta buah tanaman akan mudah rontok berjatuhan.

Namun, kelebihan air juga bisa berakibat buruk untuk tanaman. Akar tanaman yang tergenang air akan mudah busuk dan dampaknya pun sama seperti kekurangan air, tanaman akan mati.

Jangan terlalu basah

Lokasi kebun yang dekat dari sumber air dapat memudahkan Anda untuk melakukan pengairan. Pengairan dapat dilakukan dengan cara penggenangan melalui permukaan bawah tanah, penyiraman manual dengan penyiraman dari permukaan tanah, atau irigasi.

Perhatikan jenis pohon yang ditanam karena tingkat kelembapan tanah setiap pohon akan berbeda-beda, seperti pohon mangga, jambu biji, dan jambu mete akan jarang berbunga kalau lingkungan sekitar kebun terlalu lembap dan becek. Pengairan yang dibutuhkan harus hati-hati jangan sampai tanah menjadi terlalu basah.

Baca Juga:  Menanam Pohon Jabon Mendatangkan Banyak Keuntungan

Mengendalikan produktivitas tanaman

Air sangat berpengaruh terhadap produktivitas tanaman sehingga pengairan yang baik dapat meningkatkan produktivitas tanaman. Kenali jenis tanaman yang digunakan. Kadang ada tanaman yang perlu untuk dihentikan pemberian air agar merangsang pertumbuhan bunga. Ada pula tanaman yang harus diberi pengairan dengan cara penggenangan untuk menumbuhkan bunga seperti tanaman belimbing, jeruk, apel, pepaya, salak, dan pisang.

Penyiraman dengan air es

Pohon lengkeng dapat cepat berbunga jika penyiraman yang dilakukan dengan cara perubahan suhu yang drastis. Jika suhu malam hari tidak memiliki perubahan yang drastis, penyiraman dapat dibantu dengan air es yang dilakukan pada tengah malam.

Loading...
Loading...