Tips Pengemasan dan Penyimpanan Pepaya


Pertanianku – Proses pengemasan buah pepaya dilakukan untuk mempertahankan mutu buah, terutama pada saat pengangkutan atau penyimpanan. Pengemasan juga bertujuan agar penampilan buah menjadi lebih menarik ketika dijual. Pepaya yang sudah dikemas/di-packing dengan keranjang bambu atau dicurah langsung ditata dengan rapi di bak pengangkut.

Pengemasan dan Penyimpanan Pepaya

Untuk kebutuhan pasar swalayan atau ekspor, buah pepaya biasanya dikemas menggunakan karton, kardus, atau menggunakan plastik kedap udara. Sementarauntuk kebutuhan pasar lokal, buah pepaya biasanya hanya dikemas menggunakan bungkus kertas koran.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pengemasan buah pepaya adalah sebagai berikut.

  1. Gunakan alat kemas seperti kotak karton atau kardus yang memiliki sekat-sekat.
  2. Masukkan buah yang telah dibungkus dan telah disesuaikan dengan ukuran/ruangan sekat pada kertas karton.
  3. Pastikan pada alat kemas terdapat lubang/celah untuk sirkulasi udara.
  4. Tempatkan buah yang sudah dikemas pada wadah yang kering atau pada tempat penyimpanan yang suhunya bisa diatur.

Penyimpanan buah pepaya dilakukan untuk menjaga buah agar memiliki tingkat kesegaran yang lebih lama. Selama dalam penyimpanan, karton/kardus pepaya sebaiknya disusun secarabaik (tidak tumpang tindih). Bila menumpuk, usahakan agar karton tidak lebih dari 3—4 tumpukan. Suhu ruang penyimpanan diatur agar tetap kering dengan sirkulasi udara yang baik. Suhu ruangan penyimpanan yang baik adalah 10o C.

Penyimpanan buah pepaya yang telah dikemas harus dilakukan dengan baik agar buah yang disimpan tidak mudah rusak, terutama pada pada buah yang ketika dipanen telah lunak. Oleh karena itu, untuk memperpanjang masa simpannya, buah yang disimpan harus dalam kondisi optimal yang didukung oleh beberapa faktor seperti pemanenan pada tingkat kematangan yang tepat, penanganan panen yang hati-hati, buah terhindar dari sinar matahari langsung, penyimpanan pada suhu yang tepat, pengurangan terjadinya proses respirasi, serta terhindar dari infeksi hama dan penyakit.

Baca Juga:  Tips Mudah Budidaya Tomat Organik

 

Sumber: Buku Budidaya Pepaya Unggul

loading...
loading...