Tips Penggemukan Domba 3 Bulan Panen

Pertanianku — Domba termasuk hewan ternak potong yang sering dimanfaatkan untuk kurban, akikah, dan keperluan konsumsi lainnya. Oleh karena itu, permintaan domba tetap stabil meski tidak sepopuler kambing. Usaha penggemukan domba dapat dilakukan selama tiga bulan, teknik beternaknya tergolong mudah dan pasarnya sudah jelas. Berikut ini beberapa tips yang dapat diikuti untuk penggemukan domba dalam kurun waktu tiga bulan.

penggemukan domba
foto: Pertanianku

Memulai usaha

Sebelum memulai usaha, Anda perlu menyiapkan lokasi yang memiliki sumber air cukup, tidak berada di pemukiman padat penduduk, dan dekat dengan sumber pakan. Sebaiknya, gunakan kandang koloni dengan ukuran yang disesuaikan oleh jumlah domba yang akan digemukkan. Untuk kandang berukuran 2,5 m × 1 m, dapat digunakan untuk memelihara 6—8 ekor domba.

Siapkan bakalan domba yang bagus. Biasanya, bakalan tersebut sudah berusia 1 tahun atau berbobot 15 kg. Siapkan juga peralatan yang akan dibutuhkan selama masa pemeliharaan. Peralatan tersebut harus dalam keadaan bersih agar tidak menjadi sumber penularan penyakit pada domba.

Antisipasi kendala yang kemungkinan datang

Selama masa pemeliharaan, besar kemungkinan Anda akan mengalami kendala. Salah satu kendala yang paling sering dialami adalah kondisi kandang yang cepat kotor dan domba lebih mudah terserang kembung, terutama untuk domba yang diberikan pakan rumput dengan jumlah yang banyak.

Oleh karena itu, Anda perlu rutin menjaga kebersihan kandang dan domba serta menerapkan manajemen pakan yang sesuai. Perawatan domba memang perlu dilakukan lebih ekstra karena domba termasuk ternak yang mudah kotor. Kotoran yang dibiarkan terus menempel pada tubuh domba atau kandang dapat menjadi sumber penyakit yang memengaruhi pertumbuhan domba.

Perawatan yang tidak boleh terlewat

Kandang yang akan digunakan harus sudah didisinfeksi terlebih dahulu. Domba yang akan masuk ke kandang sebaiknya dicukur terlebih dahulu bulu-bulunya dan dilakukan penimbangan agar Anda dapat mengetahui bobot awal domba. Berikan pakan konsentrat dan hijauan dengan jumlah yang disesuaikan oleh kebutuhan ternak. Domba sudah bisa dipanen setelah berat domba mencapai 30—35 kg.

Baca Juga:  Cara Tradisional Mengatasi Ternak Kembung