Tips Penggunaan Umbi Untuk Kesehatan


Pertanianku – Terapi herbal dapat digunakan bersamaan dengan terapi obat-obatan kimia sintetik, yang berbeda hanyalah waktu pemakaiannya. Penggunaan umbi-umbian herbal biasanya 1 jam sebelum makan atau 2—3 jam setelah makan. Tujuannya agar proses pencernaannya lebih mudah karena herbal dalam bentuk larutan dapat diserap usus dalam waktu 30—60 menit. Jadi, saat makanan masuk larutan tersebut sudah diserap tubuh terlebih dahulu. Cara yang paling baik ialah dengan menyeduh atau merebus herbal tersebut.

Tips Penggunaan Umbi

Misalnya pada kasus diabetes kronis yang diobati dengan antidiabetes sintetik. Penderita tersebut dapat mengonsumsi bawang dayak dalam waktu yang berbeda dengan obat kimia. Pengobatan ganda ini ternyata menunjukkan hasil yang sangat baik, kadar glukosa darahnya menurun secara bertahap. Seorang ahli menyarankan supaya dosis obat kimia dikurangi secara bertahap apabila kadar gula dalam darah menunjukkan penurunan yang signifikan.

Pasalnya, obat-obat kimia umumnya hanya “memangkas” gula darah yang diproduksi tanpa menyembuhkan sel-sel yang terlibat. Lain halnya dengan herbal, misalnya bawang dayak, dapat memperbaiki sel-sel tubuh penderita diabetes. Saat kadar gula darah mulai normal secara stabil, terapi menggunakan obat herbal pun dikurangi dosisnya secara bertahap hingga mencapai dosis maintenance saja. Studi kasus ini menunjukkan bahwa pasien mengalami penurunan kadar gula darah setelah mengonsumsi bawang dayak selama 2—4 minggu.

 

Sumber: Buku Umbi Ajaib

Baca Juga:  Raup Keuntungan dari Pertanian Hidroponik
loading...
loading...