Tips Perawatan Bunga Mawar Agar Tumbuh Subur dan Berbunga Lebat


Pertanianku — Tanaman mawar memiliki banyak penggemar karena memiliki kelopak mahkota bunga yang sangat indah dan berwarna-warni. Namun, terkadang mungkin Anda kesulitan dalam merawat bunga mawar itu agar selalu tumbuh subur. Nah, berikut ini ada tips perawatan bunga mawar yang termudah dan bisa Anda tiru.

merawat bunga mawar
Foto: Pixabay

Bunga mawar terbiasa tumbuh di daerah beriklim panas, sedang, bahkan dingin. Media tanam yang diperlukan adalah tanah berhumus dan drainase atau pengairan yang teratur.

Bunga ini menjadi kurang subur apabila ditanam pada media yang gembur dan berpasir. Penyinaran matahari harus cukup sehingga berpengaruh bagus untuk kesuburan pohon menjadi rajin berbunga dan tumbuh subur, yaitu mudah keluar tunas baru.

Bunga mawar dapat diperbanyak melalui biji, setek, okulasi, cangkokan, dan membelah anakan. Cara paling praktis dan mudah dilakukan oleh masyarakat awam adalah dengan setek. Selain cukup mendapat penyinaran matahari, perlu juga dilakukan pemangkasan cabang yang tak berguna secara berkala agar bisa memberikan tunas baru dan berilah pupuk perangsang bunga secara teratur.

Pemangkasan yang tepat dilakukan pada musim hujan karena tunas-tunas baru akan segera tumbuh disertai kuntum bunga baru banyak bermunculan. Lakukan pemotongan akar dan penggantian media tanam setiap 1—2 tahun sekali agar tanaman kembali tumbuh dengan subur dan sehat. Si cantik mawar dapat berumur di atas 10 tahun jika Anda merawatnya dengan rajin dan telaten.

Bunga ini dapat tumbuh merambat dan tidak membutuhkan banyak tempat sebagai media tumbuh dan kembang. Pengembangan atau budidaya tanaman bunga mawar juga bisa Anda lakukan di halaman rumah terutama bagi Anda yang mempunyai halaman belakang rumah yang cukup luas.

Baca Juga:  Bunga Plum Tak Kalah Memesona dari Sakura Jepang