Tips Perawatan Kenari Saat Ganti Bulu


Pertanianku – Faktor lingkungan dan perawatan yang kurang baik juga dapat menyebabkan kenari rontok bulunya. Sebenarnya hal yang demikian bisa dihindarkan dan harus diupayakan jangan sampai terjadi karena akibatnya sangat merugikan. Kenari akan  menjadi takut dan malas berkicau, daya tahan tubuhnya pun menurun.

Kenari, Burung yang Dipelihara Banyak Hobiis

Kenari yang sedang mengalami ganti bulu harus dirawat dengan kesabaran karena proses sempurnanya pertumbuhan bulu pada kenari terkadang di luar perkiraan.

  1. Masa ganti bulu

Secara alami, kenari akan mengalami ganti bulu (moulting) setiap tahun. Kenari mulai berganti bulu secara keseluruhan setelah berumur lebih dari satu tahun. Pada burung-burung muda, proses ganti bulunya tidak terlalu kelihatan karena yang rontok bulu-bulu halus yang begitu lepas langsung beterbangan terbawa angin dari sangkarnya. Jika proses ganti bulu berjalan baik, bulu-bulu kenari akan tumbuh sempurna sekitar enam minggu sejak dari rontoknya bulu yang sudah tua. Biasanya bulu-bulu halus akan rontok lebih dulu, baru bulu sayap, bulu ekor, dan diakhiri dengan bulu bagian leher dan kepalanya.

Kenari yang sudah masanya rontok bulu ditandai dengan kusamnya warna bulu. Selain itu, bulunya agak pecah, kusut, mengecil, dan terkadang ada pengeroposan di pinggir bulu.

  1. Bila bulu rontok terus-menerus

Kadang kala bulu kenari rontok terus-menerus atau berkelanjutan di luar musim ganti bulu. Jika hal ini terus terjadi dan dibiarkan, kenari akan mogok berkicau. Gangguan lingkungan yang berlebihan, terus-menerus terjadi, dan tidak ditanggulangi dengan baik bisa menjadi salah satu penyebabnya. Begitu juga dengan penerangan  lampu di malam hari yang membuatnya seperti siang dan terus beraktivitas seolah-olah hari masih siang. Penyebab lain yang bisa membuat bulu kenari rontok adalah adanya gangguan parasit seperti kutu bulu yang umumnya berada di permukaan kulit dan pangkal bulu. Rontoknya bulu akibat gangguan parasit dapat dilihat dari rusaknya pangkal bulu, seperti pengeroposan dan tidak jarang menyebabkan burung kenari mencabut bulunya sendiri.

Baca Juga:  Hobi Ikan Koi Bisa Datangkan Omzet Puluhan Juta

Kenari yang sedang menjalani ganti bulu perlu diberi tempat yang tenang dan pakan bergizi tinggi. Kenari yang rontok bulunya akibat gangguan parasit harus dipisahkan dari kenari lain dan sangkarnya dicuci bersih, bila mungkin disemprot dengan desinfektan untuk memusnahkan parasit pengganggu. Memandikan dan menjemur kenari secara teratur setiap hari akan mengusir parasit penghuni sangkar, mempercepat rontoknya bulu-bulu yang sudah tua, dan memperlancar proses pertumbuhan bulu-bulu baru.

 

Sumber: Buku Kenari

loading...
loading...