Tips Perkawinan Pertama pada Domba


Pertanianku – Perkawinan pertama erat sekali kaitannya dengan kedewasaan tubuh. Domba yang dikawinkan pertama kali harus menunggu sampai domba yang bersangkutan memasuki kedewasaan tubuh.

Domba_Citayem_Bayu_120511 (68)

a. Kedewasaan tubuh

Hewan ternak yang sudah mengalami matang seksual akan disusul dengan kedewasaan tubuh. Pada umumnya, domba mencapai kedewasaan tubuh pada umur 18—20 bulan. Selain itu, domba yang telah memasuki kedewasaan tubuh memiliki bagian-bagian tubuh yang harmonis dan seimbang antara organ yang satu dengan yang lain. Domba yang lambat dewasa memerlukan waktu lebih lama untuk menjadi dewasa dan gemuk, contohnya domba kampung dan lincoln.

b. Perkawinan pertama

Walaupun domba telah matang seksual pada umur 6—8 bulan, tetapi domba tersebut belum boleh dikawinkan karena dipandang belum cukup umur dan masih terlalu muda untuk dikawinkan. Apabila domba dikawinkan pada usia muda, dapat mengakibatkan induk domba betina dan anak yang dilahirkan menjadi kurang sehat dan kuat. Berdasarkan alasan tersebut, sebaiknya perkawinan pertama bagi domba-domba betina dilakukan pada umur 12—15 bulan. Dengan demikian, ketika induk melahirkan sudah memiliki daya tahan tubuh yang lebih kuat.

Peternak yang telah berpengalaman tidak akan mengawinkan ternak pada usia muda karena perkawinan muda akan menimbulkan hal-hal yang kurang menguntungkan, antara lain sebagai berikut.

1) Induk mengalami kesulitan dalam proses kelahiran (distochia) disebabkan pinggul masih sempit dan belum tumbuh sempurna.

2) Anak yang dilahirkan tumbuh kurang sehat atau lemah.

3) Induk yang melahirkan tumbuh kerdil atau tidak wajar.

 

Sumber: Buku Beternak Domba

Baca Juga:  Cara Mengatasi dan Mengusir Lalat Pada Peternakan Sapi