Tips Pintar Membersihkan Ikan Agar Tidak Amis dan Pahit

Pertanianku – Ikan merupakan salah satu sumber protein yang sangat baik buat kesehatan tubuh. Ikan juga merupakan sumber omega 3 yang kaya manfaat buat kesehatan tubuh. Oleh karena nutrisinya yang banyak dan mengesankan, sangat disarankan untuk mengonsumsi ikan dalam jumlah yang tepat.

Tips Pintar Membersihkan Ikan Agar Tidak Amis dan Pahit

Tidak jarang ada pula sebagian orang yang enggan mengonsumsi ikan. Hal ini karena ikan merupakan salah satu bahan masakan yang amis. Jika tidak tepat dalam membersihkannya, rasa daging ikan bagian dalam akan terasa pahit. Sisiknya pun sangat mengganggu. Berikut tips praktis membersihkan ikan agar tidak amis dan pahit saat dimasak.

Loading...
  1. Cuci bersih ikan dengan air dingin yang mengalir.
  2. Bersihkan sisik bagian luar menggunakan pisau dengan hati-hati. Setelah sisik bersih, potong ekor ikan.
  3. Selanjutnya, belah perut ikan dan keluarkan isi dalam perut. Pastikan lakukan dengan hati-hati saat mengeluarkan isi perut. Jika tidak, bisa membuat empedu ikan pecah dan menyebabkan ikan menjadi pahit.
  4. Bersihkan pula bagian insangnya. Alangkah baiknya jika Anda membuang insang ikan.
  5. Cuci kembali ikan dengan air yang mengalir.
  6. Terakhir, agar ikan tak amis, balurkan air jeruk nipis ke daging ikan atau balurkan cuka. Diamkan sebentar, lalu cuci lagi sebelum akhirnya disimpan di lemari pendingin atau langsung dimasak.

Demikianlah tips praktis membersihkan ikan segar agar tidak amis dan pahit. Ketika kita membersihkan ikan dengan baik, dipastikan bahwa ikan akan semakin sehat dan baik buat tubuh.

Baca Juga:  Syarat dan Cara Budidaya Ikan Cobia
Loading...
Loading...