Tips Pintar Mengolah Buah dan Sayur


Pertanianku – Saat ini banyak masyarakat semakin sadar pentingnya melakukan pola hidup sehat. Salah satu upayanya, yaitu mengonsumsi sayuran dan buah. Saat ini banyak makanan kaya nutrisi yang sering dikonsumsi karena tingginya nilai zat baik yang terkandung di dalamnya dan yang terpenting adalah dibutuhkan tubuh. Akan tetapi, banyak juga orang yang tidak tahu bagaimana cara menyantap dan mengolah makanan dengan baik dan benar.

Tips Pintar Mengolah Buah dan Sayur

Seperti dilansir dari The Daily Meal, berikut beberapa makanan kaya nutrisi dan cara mengolahnya hingga menjadi hidangan yang sedap dan sehat untuk disantap.

Apel

Apel sudah lama dikenal sebagai dokter buah, banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan mengonsumsi buah ini. Keseimbangan kandungan gula alami serta tingginya serat membuat apel bisa dijadikan makanan yang menghasilkan energi alami dengan cepat. Apel bisa disantap dengan berbagai bentuk mulai dimakan langsung, dipanggang, dijadikan campuran dalam pie, dibuat keripik, selai hingga bahan baku pembuatan strudel.

Ubi jalar

Ubi memang termasuk makanan yang murah, tetapi kandungan nutrisinya tidak bisa diragukan. Ubi mengandung beta karoten dan vitamin A yang dibutuhkan tubuh. Banyak cara mengolah ubi jalar menjadi makanan lezat. Beberapa di antaranya justru hanya memerlukan teknik sederhana seperti mengukus atau memanggang.

Kembang kol

Kembang kol yang paling populer di dunia kuliner adalah yang memiliki warna putih. Namun, di pasaran banyak terdapat varietas kembang kol berwarna oranye, hijau, dan ungu. Semuanya memiliki keunggulan kandungan nutrisi yang berbeda. Kembang kol bisa diolah dengan berbagai teknik pemasakan. Namun, hindari memasak kembang kol dengan cara merebusnya karena akan membunuh nutrisi. Sebagai alternatif, Anda bisa mengolah kembang kol dengan cara mengukus atau memanggangnya.

Baca Juga:  Kementan Diminta Tinjau Ulang Pajak Pascapanen

Kubis brussel

Kubis brussel menjadi salah satu sayuran yang tidak disukai anak-anak. Padahal, kandungannya cukup mencengangkan. Kubis brussel memiliki kalori rendah, tetapi kandungan vitamin C-nya cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Kubis brussel bisa diolah dengan cara dipanggang, dijadikan campuran salad, ataupun menjadi sajian sup.

Sekarang Anda sudah tahu bukan cara mengolah buah dan sayur yang benar. Mulai saat ini Anda dapat menerapkannya sendiri. Selamat mencoba!

loading...
loading...