Tips Pintar Sebelum Membeli Melon, Jangan Sampai Salah!


Pertanianku – Buah yang berwarna hijau menggoda ini termasuk buah yang sangat disukai oleh masyarakat. Rasanya yang manis dan harganya yang terjangkau membuat melon selalu diburu.

Biasanya, buah melon selalu hadir sebagai buah musiman. Bulan Juli dan Agustus merupakan waktu panennya. Bila Anda mendapatkan melon berkualitas, rasa manis nan segar akan bisa Anda nikmati.

Untuk mengetahui kualitas buah melon, caranya mudah. Berikut beberapa tips yang perlu Anda ketahui sebelum membeli melon.

  • Periksa warna buah melon. Melon yang matang memiliki warna kuning-krem yang pekat dan merata.
  • Melon yang matang memiliki kadar gula tinggi. Rasa manis ini dihasilkan dari pati buah melon yang berubah menjadi gula. Teksturnya pun lebih renyah. Melon yang baik biasanya memiliki berat 5 kg.
  • Saat membeli buah melon, Anda harus mencium aromanya. Rasa manis menghasilkan aroma yang harum.
  • Selain itu, pada saat membeli, ada baiknya Anda mengocok buah melon. Cari melon yang memiliki bunyi biji dari dalam. Hindari melon yang memiliki bunyi berdebum sebagai tanda buah terlalu matang.

Setelah membeli, sebaiknya simpan melon pada suhu ruangan selama beberapa hari atau sampai benar-benar matang sebelum Anda memakannya.

Baca Juga:  Satu Pohon Menghasilkan Aneka Jenis Buah, Bagaimana Bisa?
loading...
loading...