Tips Praktis Menanam Bawang Bombai dalam Gelas


Pertanianku — Metode bertanam di dalam gelas merupakan metode modern yang banyak dikembangkan di daerah-daerah yang minim tanah kosong. Pada tanaman bawang bombai, metode ini bisa digunakan untuk menciptakan tanaman yang cantik. Anda bisa meniru tips praktis menanam bawang bombai dalam gelas berikut ini.

menanam bawang bombai
Foto: Pixabay

Nah, bagi Anda yang berminat, berikut akan dipaparkan tahapan menanam bawang bombai dalam gelas.

  1. Menyiapkan media tanam

Metode ini sebenarnya bisa dilakukan secara hidroponik ataupun semi hidroponik (masih menggunakan tanah). Siapkan wadah gelas plastik diameter minimal 10 cm/gelas dari irisan bekas botol mineral yang muat dimasuki kepalan tangan. Siapkan juga tanah humus, sekam, serbuk kayu, dan pasir.

Cara membuatnya, lubangi bagian bawah gelas dengan lubang-lubang kecil sebagai tempat pembuangan air siraman agar tidak menggenang. Campurkan bahan dengan perbandingan tanah humus (2), sekam (1), serbuk kayu (1), pasir (1). Setelah dicampur rata, masukkan hasil campuran tersebut ke wadah gelas. Jangan menyirami tanahnya terlebih dahulu. Biarkan agar tetap gembur.

  1. Pemupukan dasar

Pupuk dasar yang digunakan haruslah pupuk organik yang sudah terurai sempurna agar tidak terjadi pemanasan suhu di dalam tanah karena proses penguraian pupuk baru. Pupuk ini diletakkan di dalam pot gelas. Gali tanah di wadah gelas, lalu isi dengan 1—2 sendok pupuk. Tutup kembali dengan tanah dan kini media tanam sudah siap ditanami bawang bombai.

  1. Pembibitan bawang bombai

Karena Anda akan menanamnya pada media gelas, maka bawang bombai sebaiknya langsung disemaikan di dalam gelas tersebut. Caranya, pilihlah bawang bombai unggulan yakni yang berukuran besar dan tidak cacat. Akan lebih baik jika Anda bisa memastikan bibit bawang tersebut berasal dari tanaman yang sehat.

Baca Juga:  Manfaat Mikoriza untuk Menyuburkan Tanaman

Kumpulkan bawang sebanyak jumlah gelas yang sudah disiapkan. Sirami bawang, lalu letakkan di tempat teduh dan lembap. Tunggu hingga bawang mengeluarkan tunas. Setelah bawang bombai bertunas, maka bawang sudah bisa ditanam dalam wadah gelas.

  1. Penanaman bawang pada media gelas

Bawang bombai yang sudah bertunas artinya sudah siap ditanam dalam media tanam. Gali tanah dalam gelas dengan kedalaman kira-kira setengah ukuran bawang. Letakkan bawang yang sudah bertunas dalam lubang tersebut dengan posisi tunas menghadap ke atas.

Tutupi dengan tanah hingga terkubur separuh bagian dari bawang. Segera sirami bawang agar tunas bisa segera menyerap nutrisi. Atur letak dan posisi media gelasnya. Usahakan agar gelas diletakkan di area yang terpapar sinar matahari langsung. Atur jarak antargelas sekitar 10 cm saja.