Tips Rahasia Mempercepat Pertumbuhan Gurami


Pertanianku — Gurami termasuk ikan konsumsi yang jadi primadona. Namun, lamanya waktu pembesaran hingga siap panen yang bisa mencapai 1 tahun membuat banyak petani yang berpikir panjang untuk membudidayakan gurami. Untuk mempercepat pertumbuhan gurami, sebaiknya pakan pelet dicampur terlebih dahulu dengan probiotik.

mempercepat pertumbuhan gurami
Foto: Dok. Pertanianku

Probiotik ini sudah banyak digunakan petani ikan ataupun produk pertanian lainnya untuk meningkatkan produksi. Pada ikan, probiotik mampu meningkatkan nafsu makan, memacu pertumbuhan karena penyerapan protein lebih sempurna.

Selain itu, probiotik berguna untuk menambah kekebalan terhadap penyakit sehingga mengurangi tingkat kematian, menghilangkan bau busuk (amis), dan menumbuhkan plankton pakan alami di kolam.

Probiotik tersebut dicampurkan pada pakan ataupun langsung dituang ke kolam dengan dosis tertentu. Setelah pemberian probiotik ini, biasanya air kolam berwarna lebih hijau karena mampu merangsang pertumbuhan fitoplankton sebagai makanan alami ikan dalam kolam yang juga dapat memacu pertumbuhan serta membantu menjaga kekebalan tubuh ikan sehingga lebih tahan penyakit.

Selain memberikan probiotik, pemberian frekuensi pakan pun harus diperhatikan. Ada baiknya pakan diberikan pada pagi dan malam hari dengan persentase 2% dari berat massa ikan dalam kolam atau sekitar 4 kilogram.

Di samping pakan pelet, Anda pun bisa memberikan daun sente (seperti daun talas) yang banyak ditemukan di sekitar kolam sebagai pakan tambahan ikan yang diberikan sekitar 100 daun/hari.

Baca Juga:  Teknik Sederhana Budidaya Bengkoang untuk Pemula