Tips Sate Kambing agar Daging Tidak Alot dan Bau

Pertanianku — Membuat sate kambing tidak alot dan bau sebenarnya cukup mudah dilakukan. Sayangnya, belum banyak yang tahu caranya. Berikut ini tips untuk membuat sate yang nikmat agar masakan Anda menjadi juara di hati keluarga.

sate kambing tidak alot dan bau
Foto: jajanyogya

Sebelumnya, Anda harus menyiapkan daging kambing terlebih dahulu. Daging kambing sendiri kaya akan lemak dan protein sehingga rasanya gurih dan nikmat. Namun, cara memasak yang salah justru akan membuat teksturnya sulit dicerna.

Jika memungkinkan, pilih bagian daging yang Anda pilih. Usia kambing yang tepat untuk dijadikan sate kambing adalah 6—12 bulan. Daging kambing yang sudah tua cenderung memiliki tekstur yang lebih alot ketimbang daging muda.

Loading...

Kambing betina juga memiliki serat yang lebih halus dan kandungan lemak yang lebih banyak. Berbeda dengan daging kambing jantan yang seratnya lebih kasar. Daging kambing jantan lebih mudah empuk saat dimasak, termasuk dibuat sate.

Pemilihan daging yang tepat pun akan berpengaruh pada rasa dan kelezatan sate kambing. Sebaiknya, gunakan daging kambing dari bagian paha belakang, punggung, atau has dalam. Bagian daging ini adalah yang terempuk dari seluruh daging kambing.

Potong-potong daging kambing sesuai selera. Biasanya, untuk membuat sate, daging dipotong dadu. Rendam daging yang sudah dipotong dengan daun pepaya sebelum dipanggang. Remas daun pepaya hingga kusut, kemudian campurkan bersama daging yang sudah dipotong selama kurang lebih 30 menit. Enzim papain dalam daun pepaya bisa membantu melunakkan tekstur daging kambing yang alot.

Setelah 30 menit, cuci daging hingga bersih dengan air. Barulah lumuri daging dengan bumbu halus. Diamkan daging bersama bumbu halus agar daging menjadi lembut dan empuk. Semakin lama daging direndam dalam bumbu, bumbu akan semakin meresap ke dalam daging dan membuat rasanya lebih nikmat.

Baca Juga:  Resep Olahan Makanan dari Rumput Laut yang Bisa Dijadikan Ide Bisnis

Tusukkan daging kambing pada tusukan sate. Di sela-sela daging, beri sisipan berupa lemak kambing. Tujuannya, menambah cita rasa dan aroma saat daging kambing dibakar.

Agar empuk, cara membakar sate kambing pun tidak sembarangan. Daging sate dibakar perlahan dengan panas yang sedang. Panas yang terlalu tinggi bisa membuat daging kambing menjadi lebih cepat keras. Akibatnya, daging akan lebih sulit dikunyah.

Di akhir, jangan lupa berikan bumbu kecap untuk menambah cita rasa. Oleskan kecap saat dibakar, kemudian bakar kembali selama beberapa saat. Jangan lupa berikan kecap sekali lagi saat disajikan, lengkap dengan irisan tomat, kol, dan bawang merah.

 

Loading...
Loading...