Tips Sebelum Memilih Hamster


Pertanianku –Pada saat ingin memiliki hamster untuk pertama kalinya, kita harus dapat memilih hamster yang sehat. Perhatikan tanda-tanda berikut ini agar tidak salah pilih.

  1. Hamster aktif, waspada, dan tidak menyendiri

Pilih hamster yang memiliki sifat tersebut. Caranya, cobalah ambil salah satu hamster dari kandangnya, lalu perhatikan tingkah lakunya. Tingkat keaktifannya dapat dilihat dari tingkah lakunya yang akan menghindari tangan ketika akan ditangkap. Ketika sudah tertangkap, hamster yang aktif akan berusaha melepaskan diri dari genggaman. Selain itu, hamster yang sehat akan langsung waspada ketika didatangi orang yang tidak dikenal.

Sebelum Membeli, Ketahuilah Berbagai Jenis Hamster Ini

  1. Makan dan minum secara teratur

Hamster yang sehat akan makan dan minum secara teratur. Jadi, pada saat disediakan makanan dan minuman di tempatnya, dengan sigap hamster akan menghampiri tempat pakan dan akan makan dengan lahapnya. Namun, jika hamster sakit, dia tidak akan merespon atau walaupun menghampiri, tetapi tidak sigap.

  1. Rambut yang sehat dan mata yang jernih bersinar

Ini adalah ciri hamster yang sehat dan bisa dipilih untuk dipelihara. Jika rambut tidak lengkap dan matanya terlihat sayu/luka/berair, hal itu menandakan bahwa hamster tersebut tidak sehat dan sebaiknya jangan dipilih untuk dijadikan klangenan.

  1. Bernapas dan berjalan dengan normal

Pada saat memilih hamster, perhatikan ketika dia bernafas. Hamster yang sehat akan bernapas dengan stabil atau tidak ternegahengah. Cara jalannya pun dengan 4 kaki dan mampu berlari-larian dengan lincah.

  1. Berumur 4—10 minggu

Untuk pemula, sebaiknya pilih hamster yang berusia antara 4—10 minggu. Pada usia tersebut, hamster berada dalam usia yang masih mudah untuk dijinakkan. Di satu sisi, hamster juga sudah lepas sapih.

Jika usia hamster yang akan dibeli sudah lebih dari 10 minggu, pilih yang sudah jinak. Jangan membeli hamster yang usianya kurang dari empat minggu karena masih menyusu pada induknya. Jika usia hamster terlalu dini saat dibeli, risiko kematian lebih tinggi akibat kurangnya gizi yangseharusnya diperoleh dari air susu  induknya.

  1. Berasal dari kandang yang sama

Jika ingin membeli hamster lebih dari seekor, pilih yang berasal dari satu kandang. Tujuannya adalah untuk memperkecil kemungkinan perkelahian antarindividu. Hamster yang berada dalam satu kandang biasanya sudah saling mengenal.

Sumber: Buku Hewan Kesayangan Mini dan Eksotis

loading...
loading...