Tips Sebelum Mendirikan Usaha Budi daya


    Pertanianku – Keraguan dalam memulai usaha/bisnis sering terjadi, terutama bagi yang belum pernah. Hal tersebut sebenarnya sangat wajar dan manusiawi. Namun, percayalah bahwa pasti ada jalan sesuai dengan niat, semangat, dan keyakinan. Untuk meyakinkan sebelum melangkah memulai bisnis atauusaha, harus memperhatikan peluang. Sementara itu, dalam pencarian peluang tentu dibutuhkan pertimbangan usaha yang tepat dan cocok. Misalnya, usaha yang akan dijalankan sebaiknya relatif mudah, teknologinya cepat dikuasai, dan tidak menyulitkan. Selain itu, waktu perputaran modalnya cepat dan produknya banyak dibutuhkan.

    Pemilihan Lokasi Budidaya Karet

    Mendirikan usaha merupakan wujud dari cita-cita yangdiinginkan. Keberanian melangkah untuk mendirikan usaha harus diikuti oleh niat yang baik, semangat yang kuat, dan keyakinan untuk berhasil. Agar mantap dalam memulai, calon pengusaha harus mempunyai cita-cita yang besar. Jangan takut jika ada yang mengatakan, seperti pungguk merindukan bulan.

    Umumnya pengusaha sukses tidak pernah menyangka usaha yang dirintisnya berubah menjadi besar. Hal yangutama adalah pengusaha sukses hanya berani memulai, berani melangkah, berani berjalan, berani mengambil keputusan, dan berani mengambil risiko hingga sukses Jangan takut akan mengalami kegagalan. Ketakutan terhadap memulai usaha, jalannya usaha, dan masa depan usaha merupakan ‘hantu’ yang bergentayangan untuk menakut-nakuti calon usahawan.

    Jika takut untuk melangkah, sama artinya telah takut dalam menjalani hidup. Bukankah hidup ini juga serba tidak menentu. Apakah kita tahu bahwa satu menit atau satu jam lagi kita masih hidup? Apakah besok kita masih dalam keadaan segar bugar seperti sekarang? Kita tidak pernah tahu! Bahkan, orang sukses sangat akrab dengan kegagalan.

    Banyak orang sukses yang mengatakan bahwa kesuksesan yang dilihat dari orang lain tidak lebih dari 15% dari usaha yang dilakukannya, sedangkan 85% yang tidak dilihat adalah kegagalannya. Hanya dengan kegagalan mereka dapat berhasil. Tanpa kegagalan, mereka tidak akan pernah merasakan kesuksesan.

    Baca Juga:  Pengaruh Penggunaan Pestisida Pada Tanah

    Umumnya orang sukses mempunyai ciri-ciri yang terbalut dalambeberapa faktor yang hampir sama. Ada beberapa faktor menurutThomas Stanley yang dianggap paling berperan dalam menggapai kesuksesan. Faktor tersebut, di antaranya (1) kejujuran, (2) disiplin, (3) hubungan baik, (4) suami atau istri yang mendukung, dan (5) bekerja keras. Jika ingin sukses dalam usaha, berperilakulah seperti itu.

     

    Sumber: Buku 79 Bisnis Pertanian Menguntungkan