Tips Sukses Budidaya Jamur Skala Rumah Tangga

PertaniankuBudidaya jamur bisa dilakukan pada skala rumah tangga menjadi sumber pemasukan bagi masyarakat. Bahkan, tak jarang usaha yang dimulai dari skala kecil yang semula hanya dilaksanakan di teras rumah atau memanfaatkan ruangan kosong bisa terus berkembang menjadi skala besar.

budiday jamur
foto: pertanianku

Banyak pengusaha jamur besar yang memulai usaha bisnisnya dari skala kecil. Melalui skala kecil, pembudidaya dapat mempelajari semua alur usaha lebih optimal, mulai dari teknik budidaya, pembagian kerja, pengelolaan usaha, alur keuangan, hingga proses pemasaran yang tepat. Seluruh proses usaha tersebut sudah dipelajari sejak usaha masih kecil. Dengan begitu, saat usaha sudah semakin membesar, pembudidaya sudah tidak canggung dalam mengelolanya.

Usaha skala rumah tangga merupakan usaha yang dikelola dari rumah atau pusat kegiatan usaha berada di rumah. Lokasi yang digunakan bisa di teras rumah, bahkan di lahan kosong yang tidak terpakai.

Loading...

Keuntungan menjalankan budidaya jamur pada skala rumah tangga sangat banyak, selain Anda bisa mendapatkan keuntungan. Usaha yang dimulai dari skala rumah tangga tidak memerlukan modal yang terlalu besar. Anda sudah bisa memulai usaha budidaya jamur dengan modal Rp4 juta saja. Hal ini disebabkan biaya produksi yang tidak terlalu besar.

Karena seluruh proses budidaya Anda yang mengelola, Anda bisa bebas menentukan waktu kerja sendiri. Usaha ini bisa dilakukan menjadi usaha sampingan di luar pekerjaan utama Anda. Untuk mengelolanya, Anda bisa melibatkan anggota keluarga untuk membantu sekaligus memberikan pekerjaan dan berlatih menjadi pengusaha.

Keuntungan lainnya melakukan usaha sendiri adalah Anda dapat menyusun mekanisme kerja sendiri sesuai dengan kemampuan diri Anda.

Namun, pemula biasanya belum bisa langsung mendapatkan keuntungan secara optimal karena belum menguasai dengan baik sistem usaha, serta masih mencoba-coba mencari model usaha yang nyaman bagi dirinya. Selain itu, pengusaha pemula cenderung belum mengetahui celah-celah untuk menekan harga produksi.

Baca Juga:  Cara Mengaplikasikan Pestisida untuk Tanaman Mentimun

Oleh karena itu, sebelum memulai usaha, Anda harus menguasai teknik budidaya dengan belajar langsung dari pembudidaya yang sudah berhasil untuk menjalin kerja sama dan membaca berbagai literatur seperti buku Usaha 4 Jenis Jamur Skala Rumah Tangga yang membahas berbagai teknik budidaya beberapa jenis jamur pada skala rumah tangga.

 

Loading...
Loading...