Tips Sukses Budidaya Kencur

Pertanianku—Melambungnya harga kencur sejak beberapa pekan terakhir membuat bisnis budidaya kencur ikut menarik perhatian banyak pihak. Sayangnya, tidak semua orang mengetahui cara bertanam tanaman rempah ini. berikut adalah beberapa tips untuk budidaya kencur yang harus Anda terapkan.

budidaya kencur
Foto: pixabay

Pilih bibit kencur dengan benar

Bibit kencur yang berkualitas memiliki beberapa ciri-ciri. Ciri pertama, rimpang kencur yang akan digunakan sebagai bibit haruslah rimpang yang sudah tua. Rimpang tidak boleh terkena hama atau penyakit.

Loading...

Gunakan rimpang yang masih segar. Simpan rimpang di tempat yang sejuk dan tidak terlalu terang. Rimpang tersebut akan bertunas setelah kurang lebih dua minggu penyimpanan dan nantinya akan ditanam.

Cara persiapan media penanaman

Pengolahan lahan dilakukan dengan mencangkul hingga sedalam kurang lebih 30 cm atau hingga tanah menjadi gembur. Proses ini juga dilakukan untuk menghilangkan gulma dan rumput pengganggu.

Penanaman Kencur

Pilih hanya rimpang yang sudah bertunas yang akan ditanam. Hal ini agar budidaya kencur dapat dilakukan dengan lebih maksimal. Agar terhindar dari cendawan, rimpang bidsa direndam dalam larutan Forest dan disemprot dengan fungisida.

Rimpang yang sudah disimpan dan bertunas dimasukkan ke dalam lubang yang telah dibuat dalam tanah. Tutup bagian atas rimpang dengan tanah. Percikan air untuk menjaga kelembapan tanah.

Perawatan Kencur

Kencur sebaiknya ditanam di tempat terbuka agar rimpang kencur tidak busuk. Selain itu, tanaman ini juga membutukan sinar matahari yang cukup pada awal pertumbuhannya. Beri pupuk kandang atau pupuk kompos.

Penyiraman kencur dapat dilakukan setiap sebulan sekali. Hindarkan hama dari tanaman kencur. Hama yang sering menyerang adalah ulat daun. Insektisida dengan dosis yang sesuai bisa digunakan untuk membasmi hama ini.

Baca Juga:  Cara Menyimpan Bumbu Masak agar Tetap Segar

Pemanenan Kencur

Setelah 8—12 bulan, kencur dapat dipanen dengan cara membongkar tanah menggunakan cangkul. Hati-hati saat menggunakan cangkul agar tidak merusak rimpang kencur.

Loading...
Loading...