Tips Sukses Mengawinkan Ayam Bangkok


Pertanianku — Ayam bangkok merupakan jenis ayam aduan yang mempunyai kualitas unggul. Bahkan, ayam jago lokal bisa dibuat babak belur oleh ketangguhannya. Oleh karena itu, Anda tentu menginginkan keturunan dari ayam bangkok yang mampu menang berkali-kali. Namun, kadang-kadang kita mengalami kesulitan untuk mengawinkan ayam bangkok tersebut.

mengawinkan ayam bangkok
Foto: Pecinta Ayam Bangkok

Ada trik tersendiri untuk merangsang ayam bangkok indukan supaya mau melakukan perkawinan. Sebelum proses perkawinan dimulai, Anda tentu perlu menyiapkan pasangan ayam bangkok indukan terlebih dahulu. Setiap ayam bangkok jantan bisa dipasangkan dengan 3—5 ekor ayam bangkok betina sekaligus. Idealnya, selisih usia antara ayam jantan dan ayam betina adalah 1 tahun.

Contohnya, jika si ayam jantan berumur 3 tahun, usia ayam-ayam betina berada di kisaran 2 tahun. Nantinya, pasangan ini akan menghasilkan keturunan yang terbaik. Berikut ini trik-trik yang bisa dicoba untuk merangsang ayam bangkok agar segera melakukan perkawinan dan cepat bertelur.

Trik Pertama

Siapkan kandang umbaran yang ukurannya cukup luas. Masukkan ayam bangkok ke kandang tersebut. Ingat, setiap kandang hanya boleh diisi dengan seekor ayam jantan saja. Sementara, jumlah ayam betina yang bisa menempati kandang tersebut berkisar antara 1—5 ekor.

Pada awalnya, ayam-ayam ini akan saling berkenalan secara alamiah. Setelah merasa cocok dan waktunya tepat, mereka pun akan melakukan perkawinan secara bergantian.

Trik Kedua

Kadang-kadang ada ayam bangkok betina yang mempunyai kualitas sangat bagus dan berasal dari keturunan jawara, tetapi ayam tersebut enggan melakukan perkawinan. Padahal, Anda sudah sangat yakin kalau usia ayam ini sudah lebih dari cukup. Oleh karena itu, satu-satunya solusi yang dapat diambil, yaitu memaksanya supaya kawin.

Caranya ialah pegang ayam betina tadi dengan posisi menghadap ke dalam. Lalu, letakkan ayam betina tersebut di depan ayam jantan yang sudah siap melakukan perkawinan. Anda mungkin butuh usaha beberapa kali sampai si ayam jantan terpancing.

Trik Ketiga

Trik ketiga ini dapat dilakukan bila ayam bangkok jantan yang merasa malas untuk melakukan perkawinan. Keadaan ini biasanya disebabkan oleh kondisi tubuh ayam tersebut yang kurang bugar. Jadi, solusinya adalah Anda bisa memberikan pengobatan kepadanya.