Tips Sukses Perpanjang Tanaman Cabai

Pertanianku — Pada dasarnya perpanjang tanaman cabai tidak begitu sulit untuk dilakukan. Namun, Anda harus memerhatikan beberapa hal yang dapat menunjang keberhasilan seperti keadaan tanah yang ditanami harus betul-betul dijamin subur. Selain itu, ada beberapa faktor lain yang tidak kalah penting untuk Anda perhatikan agar berhasil perpanjang tanaman cabai.

perpanjang tanaman cabai
foto: pixabay

Pengolahan tanah

Selain tingkat kesuburan yang dapat memengaruhi proses perpanjangan tanaman cabai pengolahan tanah harus diperhatikan dengan benar. Tanah yang digunakan harus diolah menjadi betul-betul halus dan remah.

Loading...

Apabila tanah subur tapi cara pengolahan salah, akan menjadi penyebab kegagalan dalam budidaya. Pengolahan tanah harus dilakukan dengan tepat dan merata ke seluruh ladang yang digunakan.

Cabai hanya bisa berkembang jika kondisi tanah cukup gembur, remah, dan memiliki kandungan bahan organik yang cukup untuk pertumbuhan tanaman cabai.

Berdasarkan pengalaman Ian Wahyu, seorang petani asal Wajak, Malang, kunci keberhasilan dari memperpanjang umur produktif tanaman hingga mencapai umur dua puluh bulan dapat ditentukan oleh beberapa hal. Salah satunya adalah tanah yang digunakan harus subur dan dekat dengan sumber air.

Pemberian pupuk dan obat

Jika Anda berpikir dengan memberikan obat dan pupuk melebihi dosis yang diharuskan dapat memperlancar proses perpanjangan umur tanaman. Mungkin pendapat Anda sedikit benar, tetapi pemberian pupuk dan obat bukanlah satu-satunya penentu keberhasilan budidaya. Hal yang harus Anda pastikan adalah penggunaan pupuk dan obat sesuai dengan jenis tanah yang digunakan untuk budidaya cabai.

Penggunaan pupuk kimia berlebihan untuk proses memperpanjang umur tanaman cabai akan berdampak buruk untuk penanaman berikutnya. Selain itu, pemberian pupuk yang berlebihan akan menyebabkan pengeluaran menjadi bengkak dan mubazir.

Dalam pemberian pengobatan juga harus dilakukan dengan dosis yang tepat. Pengobatan harus diberikan secara rutin dan berseling. Hal ini dilakukan untuk mencegah pertumbuhan hama dan penyakit yang dapat menyerang tanaman cabai karena tanaman ini merupakan tanaman yang sangat sensitif terhadap hama dan penyakit.

Baca Juga:  Langkah Mudah Menanam Pare di Pekarangan

Pemberian obat tidak boleh menunggu tanaman sakit terlebih dahulu dan harus diberikan sejak dini untuk mencegah. Sebab, mengobati tanaman yang telah sakit akan lebih susah untuk dilakukan.

Manajemen pengelolaan

Agar proses memperpanjang umur produktivitas cabai berhasil, Anda harus memilih bibit yang benar-benar hibrida dan unggul.

Loading...
Loading...