Tips Sukses Usaha Penggemukan 30 Ekor Kambing

Pertanianku — Kebutuhan daging kambing yang belum tentu semua orang bisa kelola selalu meningkat. Oleh karena itu, usaha penggemukan kambing menjadi peluang usaha yang masih menggiurkan hingga saat ini. Usaha penggemukan kambing merupakan salah satu segmen usaha yang bisa dipilih untuk menghasilkan kambing dengan kualitas daging yang baik.

usaha penggemukan kambing
foto: pixabay

Selama ini kebutuhan daging kambing masih disuplai dari peternakan yang dikelola secara sederhana atau semi-intesif. Artinya, kambing digembalakan pada siang hari, lalu dikandangkan pada malam hari. Usaha penggemukan kambing masih cukup jarang dilakukan.

Sebelum memulai usaha, Anda harus menyiapkan kandang bertipe individu dan lokasi yang tidak mengganggu lingkungan sekitar. Gunakan anakan kambing yang berkualitas, anakan tersebut bisa diperoleh dengan cara membeli dari pembibitan. Siapkan sarana kandang, pakan, minum, obat, dan vaksin.

Loading...

Siapkan pakan berkualitas yang dapat menunjang pertumbuhan kambing. Pakan tersebut dapat berupa hijauan dan konsentrat. Pakan yang baik adalah pakan yang bisa menaikkan bobot kambing sebanyak 150—200 gram/ekor/hari. Periode penggemukan kambing akan berlangsung selama 4 bulan.

Selain kiat-kiat usaha, Anda juga harus mewaspadai kendala yang dapat menghambat usaha. Hal ini bertujuan mencegah risiko kegagalan semakin lebih besar. Kendala yang kerap dijumpai oleh pengusaha penggemukan kambing adalah proses penggemukan kambing yang belum teratur di Indonesia. Penggemukan yang dilakukan di perkotaan memiliki kendala suplai bahan pakan berupa hijauan yang harus dikirim dari daerah yang masih menghasilkan hijauan.

Anda harus melakukan beberapa strategi agar bisnis bisa berjalan dengan lancar. Pertama, buatlah kandang yang mudah didapat dan murah. Kandang pun harus dilengkapi ventilasi atau dinding yang dibuat setengah terbuka sehingga kandang tidak lembap. Lantai kandang dibuat miring ke saluran agar mudah dibersihkan. Ukuran kandang 1—1,2 m2 per ekor kambing.

Baca Juga:  Lokasi Kandang Ayam Broiler yang Strategis

Karena tujuan usaha ini untuk mendapatkan daging kambing yang banyak, gunakan kambing jantan yang lebih mudah digemukkan dibanding kambing betina. Sebaiknya, pilih bakalan yang sudah disapih dengan bobot rata-rata 18—20 kg. Lama penggemukan akan berlangsung sekitar 3—6 bulan.

Sebaiknya, kandangkan kambing secara terus-menerus secara intensif, berikan hijauan sebanyak-banyaknya, dan berikan konsentrat berkualitas. Kambing juga membutuhkan vitamin dan obat  cacing secara rutin untuk meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit. Kambing yang sakit akan mengalami kehilangan bobot badan. Pastikan kondisi kandang selalu bersih agar kesehatan kambing lebih terjaga.

Loading...
Loading...