Tips Terbaik untuk Memiliki Kebun Teras


Pertanianku — Saat ini, ruang untuk berkebun sangatlah minim. Rata-rata orang tinggal di apartemen atau tidak memiliki banyak ruang di bagian depan atau belakang rumah mereka. Tapi jangan khawatir, ada jalan keluar untuk masalah tersebut, yaitu dengan memiliki kebun teras.

kebun teras
Foto: Shutterstock

Terrace gardening atau berkebun di teras adalah cara dimana Anda bisa memenuhi hobi dan impian Anda hidup dalam sepotong kecil alam. Sedikit tanaman hijau di rumah Anda akan membuat rumah terlihat menyenangkan, sejuk, dan menenangkan.

Menurut para ahli, Anda bisa memiliki bunga serta sayuran yang tumbuh di teras Anda. Dengan beberapa cara menarik, Anda bisa membangun kebun teras yang indah. Untuk itu, simak ulasan tentang tips terbaik untuk memiliki kebun teras berikut ini.

  1. Lahan yang tepat

Jika rumah Anda dibangun di atas tanah, maka teras Anda dapat menanggung beban dari kebun teras milik Anda, bahkan dengan pohon yang lebih besar sekalipun.

  1. Harus tahan air

Agar rumah Anda aman dari efek samping berkebun di teras, maka teras tersebut harus tahan air untuk mencegah kebocoran yang bisa merusak furnitur rumah Anda.

  1. Periksa jenis tanah

Memilih jenis tanah yang tepat sangat penting untuk memiliki kebun teras. Campuran sempurna dari tanah, pupuk, dan kompos bisa memberi hasil maksimal. Selain itu, Anda juga perlu memeriksa bahwa air hujan bisa menambahkan nutrisi yang cukup untuk tanah.

  1. Penggunaan pot akan lebih baik

Jika Anda seorang pemula, Anda bisa mulai menanam dengan menggunakan pot. Beli pot untuk membuat kebun kecil di teras. Setelah Anda melakukannya dengan benar, Anda bisa mulai dengan memanfaatkan ruang kecil teras Anda dan bisa berkebun di area yang lebih luas lagi nantinya. Tomat, cabai, okra, dan lain-lain bisa tumbuh dengan baik di pot, karena tidak membutuhkan banyak ruang.

  1. Siram kebun Anda
Baca Juga:  Macam-Macam Cara Perkembangbiakan Vegetatif

Anda harus menyesuaikan penyiraman sesuai dengan musim. Di musim panas, Anda perlu menyiram tanaman dua kali sehari untuk menjaga agar tanah tetap lembap. Selama musim dingin, Anda harus menekan tanah dengan tangan dan memeriksa tingkat kelembapannya dan diberikan penyiraman yang sesuai.