Tips Ternak Ayam Hutan Merah Bagi Pemula


Pertanianku Ayam hutan merah banyak ditemukan di hutan tropis dan dataran rendah di Benua Asia, mulai dari Himalaya, Tiongkok Selatan, Asia Tenggara hingga Sumatera, Jawa, dan Bali. Ayam hutan umumnya hidup berkelompok. Pada siang hari, mereka akan berkeliling mencari makan.

Ayam hutan merah
Foto: Google Image

Ternak ayam hutan merah cukup banyak ditemukan. Untuk ternak ayam hutan merah, ada beberapa tips yang harus diperhatikan seperti berikut.

  1. Memindahkan ayam ke tempat penangkaran

Saat kita memulai usaha peternakan, khususnya ternak ayam hutan merah, tentunya kita akan memindahkan ayam dari satu tempat ke tempat yang lain. Jika yang dipindahkan hanya sedikit, kita hanya perlu membawanya dengan kandang bambu. Hal ini dimaksudkan agar jengger ayam tidak rusak pada saat pemindahan.

Jika banyak, kita bisa menggunakan kotak kayu atau kardus yang sudah diberi ventilasi. Usahakan untuk menutup kotak dengan kain berwarna gelap, namun tetap menjaga sirkulasi udara. Pengangkutan pun sebaiknya dilakukan pada malam hari. Selain itu, kita juga bisa membius ayam dengan obat bius dosis rendah.

  1. Membuat ayam beradaptasi dengan lingkungan yang baru

Saat tiba di tempat ternak yang baru, sebaiknya ayam diberi obat antistres seperti B kompleks dan B12, bisa juga diberi jangkrik atau kroto dengan campuran super top atau super power. Usahakan membuat lingkungan baru semirip mungkin dengan habitat asli atau tempat pengambilan ayam hutan merah sebelumnya.

  1. Menghilangkan sifat kanibalisme ayam

Hal selanjutnya adalah menghilangkan sifat kanibalisme. Salah satu cara untuk menghilangkan sifat ini, yaitu dengan membuat kandang luas dengan jumlah ayam yang sedikit. Selain itu, memperbanyak makanan yang mengandung unsur hewani juga menjadi cara yang tepat. Cara berikutnya, bisa dengan memotong sedikit bagian paruhnya agar tidak melukai ayam lainnya.

  1. Membuat dan merawat kandang
Baca Juga:  Kandungan Gizi pada Daging Bebek Ini Bikin Takjub

Selanjutnya, membuat kandang yang luas dan sesuai kebutuhan. Jika proses pemeliharaan sudah berjalan, usahakan agar kandang tetap bersih dengan senantiasa membersihkan kandang dengan air seminggu sekali, lalu dijemur di bawah sinar matahari. Hal ini dimaksudkan agar ayam tetap sehat dan terhindar dari penyakit.

  1. Menjaga kesehatan ayam

Usahakan memandikan ayam seminggu sekali dengan menyemprotkan air pada tubuh ayam tanpa menyentuhnya, berikan juga obat antikutu seminggu sekali. Kesehatan ayam menjadi faktor penting dalam keberhasilan ternak.