Tips Ternak Sapi Perah Sebanyak 9 Ekor

PertaniankuTernak sapi perah termasuk usaha peternakan yang cukup menjanjikan. Pasalnya, permintaan susu pasti ada setiap hari karena susu merupakan salah satu minuman yang mengandung banyak nutrisi. Apabila Anda tertarik untuk ternak sapi perah skala komersial, Anda bisa mencobanya dengan 9 ekor sapi perah. Berikut ini langkah ternak sapi perah 9 ekor.

ternak sapi perah
Foto: pixabay

Persiapan sebelum usaha

Kandang yang disiapkan tidak perlu terlalu besar, asal bisa menampung 9 ekor sapi yang Anda pelihara dan tidak mengganggu lingkungan.

Siapkan kandang laktasi yang terdiri atas dua jenis, yaitu sistem stall dan loose housing. Sistem stall dibuat dalam bentuk tunggal atau ganda, bergantung pada jumlah sapi yang dimiliki. Sementara itu, sistem loose housing membutuhkan lahan yang luas. Sistem kandang ini memiliki kelebihan bisa diperluas saat jumlah ternak meningkat.

Pelajari kendala

Usaha ini memiliki kendala yang timbul akibat penanganan yang kurang higienis sehingga menyebabkan susu yang dihasilkan tidak bersih atau terkontaminasi. Selanjutnya, kendala juga bisa timbul saat produksi susu tidak stabil. Kendala tersebut disebabkan oleh pakan yang diberikan tidak sesuai dan pemeliharaan tidak intensif.

Strategi

Agar usaha berjalan lebih lancar, sebaiknya pilih calon bakalan yang berkualitas dan lakukan  pembesaran sapi perah secara tepat. Pasalnya, kedua hal tersebut dapat memengaruhi keberhasilan peternak.

Strategi selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah melakukan perkawinan sapi tepat waktu agar sapi mampu menghasilkan pedet dan kontinuitas produksi susu dapat terjaga.

Sapi yang diternak di dalam kandang perlu dilepaskan secara rutin ke tempat lapang selama 1–2 jam agar mendapatkan sinar matahari. Selain itu, momen ini bisa membuat sapi bergerak lebih bebas sehingga peredaran darahnya menjadi lancar.

Baca Juga:  Asal-usul Propolis

Berikan pakan berkualitas sebanyak sapi tersebut dapat mengonsumsinya. Namun, jangan berikan pakan dengan kandungan bahan kering yang rendah. Berikan sapi hijauan dengan kandungan air yang tinggi. Sapi juga perlu diberikan konsentrat sebanyak 8–10 kg per hari, bergantung pada bobot sapi.

Sapi sudah bisa diperah setelah beranak. Masa produksi seekor sapi yang ideal adalah 10 bulan atau 305 hari dengan masa kering 2 bulan. Pemerahan bisa dilakukan minimal dua kali sehari.

Jaga kebersihan kandang, peralatan yang digunakan, dan lingkungan di sekitar kandang. Bersihkan juga bagian puting dengan air, lalu keringkan. Perawatan ini perlu dilakukan setelah pemerahan.