Tips untuk Mencegah Kematian DOC Saat Berumur 2—7 Hari

Pertanianku— Salah satu tantangan ketika Anda mulai beternak ayam adalah perawatan DOC (day old chick). DOC merupakan anak ayam umur sehari hingga berumur 14 hari. Anak ayam tersebut rentan mengalami kematian karena masih cukup lemah. Tingkat kematian DOC bisa diperkecil dengan perawatan yang tepat.

kematian DOC
foto: pertanianku

Biasanya, DOC mati akibat salah pemberian pakan atau mengalami stres. Dua permasalahan tersebut kerap muncul, apalagi jika Anda merupakan peternak pemula yang belum terlalu menguasai cara ternak ayam dengan baik. Oleh karena itu, berikut ini beberapa cara untuk mencegah kematian pada DOC agar Anda tidak mengalami kerugian yang terlalu besar.

Pemberian pakan

Pemberian pakan antara DOC dan ayam yang sudah besar sedikit berbeda. Pakan untuk DOC harus diberikan dengan cara ad libitum sehingga ketika ayam sudah lapar pakan sudah ada di dekatnya. Pemberian pakan secara ad libitum biasanya dilakukan hingga DOC berumur 6 hari.

Pakan yang diletakkan di dalam kandang sangat rawan tercampur dengan litter kandang karena aktivitas anak ayam. Jika sudah terjadi, segera ayak pakan tersebut di luar lingkaran anak ayam. Tampung pakan yang sudah bercampur dan ganti dengan pakan yang baru.

Hindari ayam stres

Ada banyak penyebab ayam stres. Semakin besar umur ayam, semakin meningkat pula kemampuan ayam untuk mengefisiensikan pakan. Misalnya, jika sebelumnya ayam hanya mampu mengonversi 3 kg pakan menjadi daging seberat 2,2 kg, saat sudah besar, ayam bisa mengonversikan pakan yang dikonsumsi sebanyak 2,5 kg menjad 2,2 kg daging.

Hal tersebut meyebabkan perkembangan sel di dalam tubuh ayam terjadi lebih cepat sehingga ayam memiliki potensi stres.

Pemberian pakan harus dibatasi agar tidak memicu stres di dalam tubuh ayam. Berikan pakan ayam dengan jumlah dan waktu yang sama. Pemberian dapat dilakukan sebanyak 2 kali sehari, yaitu pada pagi dan sore hari. Ketahuilah jumlah pakan yang sesuai dengan kebutuhan ayam agar tidak ada pakan yang terbuang sia-sia.

Baca Juga:  Beternak Itik dengan Cara Tradisional, Untung atau Rugi?

Lakukan kontrol kondisi pakan ayam secara rutin. Jika jumlah pakan ayam yang diberikan masih tersisa terlalu banyak, hal tersebut bisa menjadi pertanda ayam sedang kurang sehat.

 

 

 

 


loading...