TNI Cetak 238 Hektare Lahan Pertanian Baru


Pertanianku – Guna membantu mewujudkan swasembada pangan, Komandan Korem (Danrem) 011/Lilawangsa Kolonel Inf. Agus Firman Yusmono bersama Dandim 0104 Aceh Timur, Letkol Inf. Haris Isya Siregar meninjau lokasi cetak sawah baru di Desa Gading, Kecamatan Birem Bayeun, Kabupaten Aceh Timur, beberapa waktu lalu.

Foto: pixabay

Pada tahun ini TNI berhasil mencetak 238 hektare sawah baru di desa tersebut. Program cetak sawah baru merupakan kerja sama antara Kementerian Pertanian dengan Markas TNI-AD. Program ini untuk mendukung program swasembada pangan yang diinstruksikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sejak dua tahun lalu.

“Tentara yang terlibat di lapangan harus memberikan laporan perkembangan pekerjaan kepada komandan di atasnya. Jika ada kendala, harap segera dilaporkan. Jangan sampai tersendat, ini program pusat yang berlaku nasional dan harus kita sukseskan,” ungkap Kolonel Agus.

Ia menyebutkan personel TNI juga diinstruksikan untuk menjaga peralatan pekerjaan cetak sawah baru itu setiap hari.

“Kerja sama dengan kelompok tani harus berjalan dengan baik. Kehadiran TNI itu untuk membantu petani. Itu harus diingat dengan baik oleh seluruh prajurit,” tuturnya.

Ia bahkan mengapresiasi pemilihan lokasi cetak sawah baru tersebut. Pasalnya, di daerah itu telah ada jaringan irigasi. Sehingga, begitu selesai cetak sawah baru, maka lahan tersebut bisa segera digunakan oleh petani.

“Saya ajak semua personel untuk menyukseskan program ketahanan pangan,” tutup Kolonel Agus.

Baca Juga:  Luar Biasa! Ekspor Kopi Indonesia ke Korsel Meningkat Hingga 53 Persen
loading...
loading...