Toko Mitra Tani Hadir di Cilacap untuk Mempermudah Distribusi Pangan

Pertanianku — Toko Mitra Tani menjadi salah satu upaya Kementerian Pertanian untuk mempermudah distribusi bahan pangan kepada masyarakat. Sebelumnya, Toko Mitra Tani sudah hadir di beberapa kota besar, kini giliran Cilacap menjadi kota selanjutnya. Toko Mitra Tani Cilacap menyediakan berbagai bahan pangan yang dibutuhkan masyarakat.

toko mitra tani
foto: pixabay

Ketersediaan bahan pangan dengan harga yang terjangkau menjadi tantangan tersendiri untuk menjaga kestabilan pangan. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo turut menghadiri pembukaan toko tersebut yang berlokasi di Jl. Pemintalan No. 55 A, Tambakreja, Cilacap.

“Pasar Mitra Tani maupun Toko Mitra Tani hadir di tengah masyarakat tidak lain, yaitu untuk mengakselerasi penyerapan produksi komoditas pangan dari kelompok tani sehingga masyarakat bisa mendapatkan bahan pangan berkualitas, segar dengan harga terjangkau,” tutur Syahrul seperti dikutip dari laman pertanian.go.id.

Loading...

Toko Mitra Tani ini diharapkan bisa menjadi penyeimbang atau stabilizer, bukan menjadi pesaing pasar yang sudah ada. Saat ini, Toko Mitra Tani sudah mulai tersebar hampir di setiap kabupaten/kota untuk memberikan jaminan harga pasti meskipun ada kenaikan harga di pasar.

“Bukan hanya menjual bahan pangan, toko ini juga menjadi stabilisasi dan media promosi bagi kelompok tani,” ujar Syahrul.

Di Cilacap sendiri, menurut Bupati Cilacap, Tatto Suwarto Pamuji, Toko Mitra Tani sudah ada 35 toko.

“Kehadiran Pak Menteri di Cilacap, semoga membawa kabupaten yang paling luas di Jawa Tengah ini lebih maju sektor pertaniannya. Beliau adalah mentor dan guru saya,” tutur Tatto.

Di Toko Mitra Tani ini menyediakan berbagai macam komoditas pangan yang disediakan untuk masyarakat dengan harga terjangkau. Misalnya, beras dengan harga Rp8.800 per kg, minyak Rp11.500 per liter, gula Rp12.500 per kg, bawang merah brebes Rp39.000 per kg, bawang merah Majalengka Rp34.000 per kg, dan bawang putih Rp18.000 per kg.

Baca Juga:  KKP Lepas Liarkan Ikan Oliv di Kabupaten Merauke

Selain itu, Toko Mitra Tani Cilacap juga menyediakan komoditas telur ayam, daging rendang, daging semur, daging sop, ayam beku, cabai merah keriting, dan cabai rawit merah.

 

Loading...
Loading...